Kawasan Pesisir Cirebon Diproyeksikan Jadi Wisata Mancing Nasional

Ilustrasi
Ilustrasi

(Suara Gratia)Cirebon – Dalam acara penyerahan bantuan rumpon beton dari Bank Indonesia Cirebon kepada Kelompok Nelayan Cangkol Tengah (KNCT) Kota Cirebon, di area Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Cangkol, Deputi Kepala Bank Indonesia Cirebon Bambang Harimurti mengungkapkan, kawasan pantai kampung nelayan Cangkol Tengah Kota Cirebon akan dikembangkan menjadi lokasi kunjungan wisata mancing nasional. Ia mengatakan, masyarakat nelayan rumpon di Cangkol Tengah harus dapat mengembangkan kreatifitasnya dalam mengembangkan ekonomi masyarakat, tidak hanya dalam tangkapan ikan rumpon tetapi harus mampu memaksimalkan potensi kelautan lainnya seperti pengembangan tempat mancing skala kecil hingga skala nasional.

Hal ini akan terwujud, jika ada dukungan dari kelompok nelayan dan pemerintah daerah, dengan menyediakan infrastruktur yang memadai serta perbaikan manajemen kelompok nelayan. “Kesiapan lebih dini diperlukan, mengingat perekonomian Cirebon saat ini sedang menggeliat kearah yang positif. Kelompok nelayan dan pemerintah perlu bahu-membahu mengenai tata lingkungan yang baik dan memperbaiki sistem manajemen KUD, sehingga ketika wisata mancing skala nasional itu terwujud kita sudah siap”. Bambang menambahkan, pengembangan potensi kawasan pesisir pantai Cirebon khususnya di wilayah Cangkol Tengah menjadi tempat wisata mancing skala nasional, akan menjadi nilai tambah dan memberi multi player effect bagi perekonomian daerah dan masyarakat sekitar.

Pada kesempatan yang sama Wakil walikota Cirebon Nasrudin Azis dengan antusias sangat mendukung rencana tersebut. “Pengembangan kawasan pesisir menjadi area wisata mancing skala nasional merupakan gagasan yang sangat baik. Kalau bisa jangan hanya kawasan Cangkol saja kedepan kawasan lainnya di Kota Cirebon harus dikembangkan sesuai dengan potensi wilayahnya masing-masing”. Menurutnya, hal ini merupakan peluang yang sangat bagus dan pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Kelautan, Perikanan, Peternakan dan Pertanian (DKP3) dan pihak terkait lainnya secara bersama-sama mengajukan proposal untuk perbaikan infrastruktur.

Sementara Ketua KNCT Kota Cirebon Suparman mengatakan, kawasan Cangkol Tengah sering sekali dikunjungi pelancong dari sejumlah daerah. “Banyak pengunjung dating dari Jakarta, Bandung, dan kota-kota lainnya menyewa perahu nelayan sekitar untuk memancing di laut”. Dari persewaan perahu tersebut nelayan mendapat penghasilan tambahan. Ia menyebutkan, tarif sewa perahu bervariasi dari Rp 600 ribu sampai Rp 800 ribu untuk menempuh jarak sekitar 40 km ke tempat rumpon-rumpon di tengah laut.(Fr)

Iklan

Penulis: SUARA GRATIA 95,9 FM

Jl. Setiabudi 31 Cirebon Jawa Barat - Indonesia 0231.230816 0817222959 Nomer Rekening Pelayanan / Donasi BCA 314.079.9590 PT. Radio Swara Mulya Afrindo Rekatama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: