Pemkot Cirebon Jamin Penerangan Jalur Mudik

Kepala Dishubinkom Kota Cirebon Taufan Bharata.
Kepala Dishubinkom Kota Cirebon Taufan Bharata.

(Suara Gratia)Cirebon – Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon melalui Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi (Dishubinkom), menjamin fasilitas lampu penerangan jalan umum (PJU) dalam kondisi prima atau menyala selama arus mudik dan balik 2013. Terutama PJU yang berada di titik-titik perlintasan para pemudik seperti di Jl. Brigjend. Dharsono, Jl. A. Yani, Jl, Samadikun, Dll. Pasalnya, lampu penerangan jalan merupakan sarana umum yang tidak bisa diabaikan terutama saat terjadi lonjakan volume kendaraan. Karena hal ini terkait dengan kenyamanan dan keamanan pengguna jalan.

Kepala Dishubinkom Kota Cirebon Taufan Bharata mengatakan, pada umumnya PJU di Kota Cirebon dalam kondisi baik, namun ada beberapa PJU yang membutuhkan perbaikan dan pemeliharaan agar dapat berfungsi secara optimal, prioritas utama saat ini adalah PJU yang terletak di jalan-jalan yang dilintasi pemudik. “Kemarin malam sudah kita telusuri mulai dari Jalan Bay Pass (Jl. Brigjend. Dharsono) dan jalan layang (Jl. A. Yani). Kami melakukan perbaikan disesuaikan dengan anggaran yang ada. Tapi untuk mudik, kami jamin nyala semua”. Ia menjelaskan, di Kota Cirebon terdapat sekitar 3.400-an PJU yang tersebar di sejumlah titik baik di jalan utama maupun daerah pinggiran kota, satu lampu membutuhkan dana pemeliharaan sekitar Rp 200 ribu per tahun sementara, anggaran yang ada sekitar Rp 269 juta. PJU di Kota Cirebon, didominasi oleh PJU bertenaga listrik. Menurutnya, penggunaan PJU bertenaga surya tidak efektif, karena PJU tenaga surya tidak menyerap dana pajak yang dibayarkan masyarakat. “Kalau pakai tenaga surya, berarti kita tidak menggunakan uang pajak dari masyarakat untuk membayar listrik”. Pihaknya menargetkan, tahun ini seluruh PJU di Kota Cirebon akan menyala.

Lebih lanjut Taufan menambahkan, jaminan PJU nyala saat mudik ini tidak di laksanakan begitu saja tanpa pengawasan, karena cuaca yang tidak bersahabat dapat menyebabkan kerusakan pada PJU. Sejumlah petugas dan kendaraan patroli disiagakan untuk memantau PJU agar selalu dalam keadaan baik. “Sekarang bisa saja kita perbaiki, tetapi begitu kita pasang besoknya langsung mati. Karena, cuaca yang tidak baik bisa merusak lampu”.(Fr)

Iklan

Penulis: SUARA GRATIA 95,9 FM

Jl. Setiabudi 31 Cirebon Jawa Barat - Indonesia 0231.230816 0817222959 Nomer Rekening Pelayanan / Donasi BCA 314.079.9590 PT. Radio Swara Mulya Afrindo Rekatama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: