KA Ciremai Ekspress Siap Beroperasi

Menjelang peluncuran KA Ciremai Ekspress Daop III Cirebon melakukan berbagai persiapan.
Menjelang peluncuran KA Ciremai Ekspress, Daop III Cirebon melakukan berbagai persiapan.

(Suara Gratia)Cirebon – Berkembangnya perekonomian di wilayah Kota Cirebon dan sekitarnya, menjadikan kota ini tempat yang menarik untuk berinfestasi dan magnet perekonomian bagi warga sekitarnya. Tentu, untuk menjawab kebutuhan tersebut, dibutuhkan salah satu sarana transportasi yang memadai untuk mobilitas masyarakatnya. Namun, hal ini tidak serta merta dibarengi dengan fasilitas jalan raya yang memadai. Sebut saja jalur Cirebon – Bandung, medan jalan yang sering rusak dan kondisi bahu jalan yang bergelombang, selain berpotensi terjadinya kecelakaan juga menghambat percepatan pembangunan antara kedua wilayah tersebut. Entah pembangunan secara fisik maupun peningkatan sumber daya manusianya. Selain moda transportasi yang sudah ada seperti bus dan lainnya, kereta api selalu menjadi pilihan terbaik bagi masyarakat dalam melakukan perjalanan.

Untuk mendukung percepatan pembangunan antar wilayah dan memfasilitasi mobilitas masyarakat yang semakin tinggi. Dalam waktu dekat PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan meluncurkan perjalanan KA relasi Bandung – Cirebon (PP), dengan mengoperasikan KA Ciremai Ekspress. Awalnya, KA baru ini akan dinamai KA Papandayan Ekspress, karena Papandayan merupakan salah satu gunung yang berada di wilayah Bandung. Namun, agar mengangkat citra dan lebih mengenalkan Kota Cirebon sebagai salah satu tujuan wisata dan kota bisnis serta mengenalkan Cirebon sebagai center-nya Pulau Jawa, akhirnya dipilih nama Ciremai, nama gunung di wilayah Cirebon.

Manager Humas PT KAI Daop III Cirebon Eko Budiyanto mengatakan, KA Ciremai ekspress akan diluncurkan pada tanggal 28 September 2013 mendatang, karena hari itu merupakan hari ulang tahun PT KAI (Persero) yang ke-68 tahun. “KA Ciremai Ekspress merupakan hadiah bagi masyarakat Cirebon, yang turut andil membangkitkan perkeretaapian di Indonesia”. Ia melanjutkan, guna melayani pelanggan dan mengakomodir permintaan masyarakat yang berada di wilayah kedua kota tersebut (Bandung-Cirebon), rencananya KA Ciremai Ekspress akan melakukan dua kali perjalanan setiap harinya, yakni berangkat dari Cirebon pukul 04.35 WIB datang Bandung pukul 08.05 WIB dan berangkat dari Cirebon pukul 13.45 WIB datang Bandung pukul 17.30 WIB.

Eko menjelaskan, selain memperkuat relasi Cirebon – Bandung yang sebelumnya hanya dilayani KA Harina (Bandung-Semarang-Surabaya). KA Ciremai Ekspress ini, juga menawarkan layanan kelas eksekutif dan ekonomi AC dalam satu rangkaian. “Tahap awal PT KAI akan memberlakukan tarif promo untuk menarik minat calon penumpang. Harga untuk kelas eksekutif Rp 90 ribu dan ekonomi AC RP 50 ribu”.(Frans C. Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s