Besok, KA Jurusan Cirebon-Bandung Diluncurkan

Kepala Daop III Cirebon Wawan Ariyanto, saat memberikan keterangan kepada awak media terkait peluncuran KA Ciremai Ekspress.
Kepala Daop III Cirebon Wawan Ariyanto, saat memberikan keterangan kepada awak media terkait peluncuran KA Ciremai Ekspress.

(Suara Gratia)Cirebon – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasional (Daop) III Cirebon, secara resmi akan meluncurkan KA relasi Cirebon-Bandung dengan nama KA Ciremai Ekspress, Sabtu (28/9) besok. Hari itu, bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun PT KAI (Persero) yang ke-68 tahun. KA Ciremai Ekspress akan melayani penumpang dengan dua kali jam pemberangkatan yakni dari Cirebon pukul 04.35 WIB datang Bandung pukul 08.05 WIB dan berangkat pukul 13.45 WIB datang Bandung pukul 17.30 WIB. KA Ciremai Ekspress ini, juga menawarkan layanan kelas eksekutif dan ekonomi AC dalam satu rangkaian. Tahap awal PT KAI akan memberlakukan tarif promo yakni, harga untuk kelas eksekutif Rp 90 ribu dan ekonomi AC RP 50 ribu.

Kepala Daop III Cirebon Wawan Ariyanto menyatakan, keberadaan KA Ciremai Ekspress tidak akan memonopoli penumpang, karena KA memiliki jam pemberangkatan yang berbeda dengan moda transportasi lainnya yang memiliki jurusan yang sama, seperti Bus dan travel. “Tujuan kami adalah untuk memberi alternatif kepada konsumen. Tidak ada yang namanya monopoli transportasi” ungkapnya. Ia mengakui, kedepan KA Ciremai Ekspress ini juga akan melihat minat konsumen, jika dalam beberapa waktu kedepan tidak ada peminat atau sepi konsumen maka operasional KA Ciremai Ekspress akan dihentikan. Menurutnya, transportasi yang nyaman dan cepat, akan mendukung Cirebon sebagai tempat tujuan pariwisata dan kota bisnis. “Penataan transportasi yang nyaman ini juga dalam rangka menarik turis asing datang ke Cirebon, karena Cirebon kaya akan wisata kuliner, wisata religi dan wisata batik” jelasnya.

Sementara, Manager Humas Daop III Cirebon Eko Budiyanto menjelaskan, KA Cirebon Ekspress memiliki satu gerbong kelas eksekutif dan empat gerbong kelas ekonomi AC. “Sekali jalan dapat menampung sebanyak 474 penumpang” terangnya, selain itu jarak Cirebon-Bandung akan lebih efektif, karena akan ditempuh dengan waktu 4 jam. Ia melanjutkan, rute Bandung-Cirebon merupakan rencana lama PT KAI yang sudah dirancang sejak tahun 2009, semua jadwal kereta ini telah disusun. Eko berharap, pengoperasian KA Ciremai Ekspress dapat memudahkan mobilitas masyarakat kota Bandung-Cirebon dan sekitarnya. Menurutnya, walaupun terdapat moda transportasi yang memiliki jurusan sama, namun KA memiliki pangsa pasar yang berbeda. “Konsumen nanti yang menilai dan memilih” tutupnya.(Frans C. Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s