Atasi Kemacetan, Pemkot Cirebon Lakukan Pelebaran Jalan

Ilustrasi
Ilustrasi

(Suara Gratia)Cirebon – Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon, berencana meningkatkan dan melebarkan Jalan Cipto Mangunkusumo. Untuk ini, Wali Kota Cirebon Ano Sutrisno menyatakan siap mengalokasikan anggaran untuk ganti rugi pada APBD Perubahan 2014.  Secara keseluruhan, peningkatan dan pelebaran Jalan Cipto dimulai dari perempatan Gunung Sari hingga perempatan yang menuju Jalan Drajat. Dalam hal ini lebar Jalan Cipto akan disamakan dengan Jalan Wahidin. Saat ini, pekerjaan pelebaran dilakukan di sepanjang jalan depan SMKN 2 Kota Cirebon. “Seluruh pekerjaan diharap selesai pada 2016,” kata dia.

Namun begitu, ia mengakui pemkot masih melakukan negosiasi harga atas ruas jalan dan sejumlah bangunan yang berada di sekitar Jalan Cipto. Pertemuan dengan warga pemilik tanah dan bangunan sendiri sudah digelar, tapi masih butuh kesepakatan legal tertulis. Alokasi anggaran sendiri belum ditetapkan besarannya karena memerlukan pendataan jelas atas kepemilikan tanah dan bangunan. Hal ini untuk menghindari kesalahan pembayaran ganti rugi.

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Energi dan Sumber Daya Mineral (DPUPESDM) Kota Cirebon, Imas Maskanah menyebutkan, pelebaran jalan akan dikerjakan mulai 2014 hingga 2015. Pelebaran jalan sendiri dimaksudkan mengurangi kemacetan di ruas tersebut, terutama saat siang hari. “Perbaikan juga akan dilakukan agar jalan dalam kondisi ideal dan pengendara pun nyaman,” tutur dia.

Jalan Cipto memang merupakan salah satu kawasan tersibuk di Kota Cirebon. Ruas ini terhubung dengan jalan lain seperti Tentara Pelajar, Wahidin, dan Kartini. Selain pelebaran dan peningkatan kualitas Jalan Cipto, pihaknya juga akan menata median jalan di sekitarnya. Di antaranya dengan menempatkan pot untuk tanaman-tanaman peneduh maupun penghias.

Tak hanya itu, Pemkot juga berencana membangun taman air mancur di perempatan Gunungsari. Dia tak menampik, segala atribut tersebut dibuat untuk menciptakan Cirebon, khususnya kawasan pusat kota lebih indah dan nyaman.(Frans C. Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s