PKL di Cirebon Dapat Bantuan Gerobak Dorong

Walikota Cirebon Ano Sutrisno (kanan) secara simbolis menyerahkan 30 unit gerobak dorong dari Kemenperindag kepada perwakilan Forum PKL.
Walikota Cirebon Ano Sutrisno (kanan) secara simbolis menyerahkan 30 unit gerobak dorong dari Kemenperindag kepada perwakilan Forum PKL.

(Suara Gratia)Cirebon – Pedagang Kaki Lima (PKL) di Kota Cirebon mendapatkan bantuan gerobak dorong dari Kementrian Perindustrian dan Perdagangan yang diserahkan melalui Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon. 30 unit Gerobak dorong ini diberikan kepada pedagang makanan seperti pedagang baso, soto, mie ayam, dan lainnya. Penyerahan gerobak dorong diberikan secara simbolis kepada perwakilan forum PKL Kota Cirebon didampingi Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi UMKM, dan Badan Komunikasi Ikatan Pedagang Kaki Lima Kota Cirebon. Melalui kesempatan ini, Pemkot Cirebon akan menata dan memberdayakan PKL yang ada di Kota Cirebon agar keberadaanya menjadi aset Kota dan sebagai penunjang percepatan pembangunan.

Walikota Cirebon Ano Sutrisno menyatakan, melalui sebuah lembaga, PKL di Kota Cirebon akan dibina dan ditata yang terlebih dahulu akan dilakukan pendataan meliputi tempat usaha, jenis usaha, bidang usaha, modal usaha, dan volume penjualan. Menurutnya, keberadaan PKL ini merupakan aset Kota, jika dikelola dengan baik akan memberikan dampak positif bagi kemajuan Kota Cirebon. “Kita sudah menyamakan persepsi dengan Forum PKL untuk menganggap Kota Cirebon ini sebagai rumah sendiri. Maka dari itu, kita akan bekerjasama menertibkan, memberikan keindahan, dan menciptakan keamanan di rumah sendiri yaitu Kota Cirebon” ungkapnya. Ano menjelaskan, kedepan Pemkot Cirebon akan menata PKL yang dipusatkan di sejumlah tempat seperti di Jalan Pekiringan dan Jalan Pasuketan. Bahkan, dirinya mewacanakan Kawasan Kesenden Kecamatan Kejaksan sebagai “Kota Baru”. Ia berharap, PKL di Kota Cirebon mengalami kemajuan tidak selamanya menjadi PKL. “Saya berharap dalam lima tahun kedepan pedagang harus maju. Hari ini jadi PKL besok harus jadi pengusaha” pungkasnya.

Sementara, Ketua Badan Komunikasi Ikatan Pedagang Kaki Lima Kota Cirebon Suhendi, menyambut baik bantuan gerobak dorong dari pemerintah. Dirinya, sepakat dengan Pemkot Cirebon jika PKL ditata dan diberdayakan, sehingga masyarakat di Kota Cirebon akan menikmati suasana perdagangan yang baik. Gerobak dorong ini selanjutnya akan diberikan kepada PKL yang adan di Jalan Pekiringan, Jalan Siliwangi, Jalan Perjuangan, Jalan Pulasaren, Jalan Cipto Mangunkosomo, dan Jalan Pemuda. “Meskipun jumlahnya terbatas, ini merupakan niat baik dari pemerintah. Kami berharap tahun 2014 nanti akan lebih banyak bantuan” ujarnya. Ia melanjutkan, menurut data PKL di Kota Cirebon sebanyak 1.635 pada malam hari dan 3.670 di siang hari, yang terdiri dari 2 ribuan warga Kota Cirebon dan 3 ribuan dari Kabupaten atau daerah lainnya.(Frans C. Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s