2014 NJOP Kota Cirebon Naik

Walikota Cirebon Ano Sutrisno.
Walikota Cirebon Ano Sutrisno.

(Suara Gratia)Cirebon – Nilai Jual Obyek Pajak (NJOP) di sejumlah titik di Kota Cirebon akan dinaikkan mulai 2014 mendatang. Langkah itu dilakukan sebagai upaya pemkot mengoptimalkan potensi pendapatan. Wali Kota Cirebon Ano Sutrisno mengungkapkan, besaran NJOP perlu disesuaikan sebagai salah satu potensi pendapatan dari Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). “Kita akan selalu berupaya meningkatkan pendapatan daerah dari setiap potensi yang ada, salah satunya dari PBB dengan cara mengevaluasi NJOP,” kata dia.

Dia menyebutkan, penyesuaian besaran NJOP khususnya bisa dikenakan pada jalan-jalan tertentu. Di antaranya sepanjang Jalan Siliwangi, Jalan Kartini, Jalan Wahidin, dan Jalan Cipto Mangunkusumo. Kenaikan NJOP ditarget bisa terlaksana pada musim pungut PBB 2014 mendatang. Dengan begitu diharapkan peningkatan pendapatan bisa lebih cepat. Potensi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga bisa datang dari sektor perparkiran yang sejauh ini diakui dia belum tergarap optimal.

Untuk meningkatkan sumber pendanaan pembangunan, lanjut dia, ke depan harus dicari juga dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan pemerintah pusat. Namun dia tak menampik masih ada hal yang menjadi kendala hingga kini, yakni kurang siapnya instansi pemerintah sendiri. “Misal, saya mau berangkat ke pemprov atau pusat saya minta buat segera program atau proposalnya, tapi ternyata lama. Saya rasa itulah yang menjadi kelemahan Kota Cirebon dalam upaya mencari pendanaan ke tingkat atas” bebernya.

Sementara, Ketua Komisi B DPRD Kota Cirebon Ahmad Azrul Juniarto mengatakan, memang sudah waktunya NJOP disesuaikan. Dia memastikan, menaikkan NJOP akan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan PAD. “Saat ini rata-rata NJOP yang tertera sepertiga harga pasar dan itu menyulitkan serta merugikan pemungutan pajaknya” tandasnya.(Frans C. Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s