Keraton Kasepuhan Cirebon Peringati Haul Sunan Gunung Jati ke-640

Haul Sunan Gunung Jati ke-640 tahun dipusatkan di Komplek Ketaton Kasepuhan Cirebon, dipimpin langsung Sultan Sepuh ke-XIV PRA. Arief Natadiningrat.
Haul Sunan Gunung Jati ke-640 tahun dipusatkan di Komplek Ketaton Kasepuhan Cirebon, dipimpin langsung Sultan Sepuh ke-XIV PRA. Arief Natadiningrat.

(Suara Gratia)Cirebon – Sultan Sepuh ke-XIV Keraton Kasepuhan Cirebon PRA. Arief Natadiningrat, melantik pengurus Yayasan Sunan Gunung Jati (SGJ) Perwakilan Provinsi Banten dan Kota/Kabupaten Bekasi, yang dilaksanakan di Masjid Agung Sang Cipta Rasa Komplek Keraton Kasepuhan. Acara pelantikan ini merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan sebagai peringatan Haul Sunan Gunung Jati yang ke-640 tahun. Selain itu, dalam kesempatan yang sama Sultan Sepuh juga mengangkat puluhan juru kunci situs-situs bersejarah di bawah naungan Keraton Kasepuhan se-Wilayah III Cirebon (Majalengka, Kuningan, Indramayu).

PRA. Arief Natadiningrat menjelaskan, rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam memperingati Haul Sunan Gunung Jati diantaraya yakni, Sema’an Al-Quran, pelantikan pengurus yayasan SGJ, bakti sosial, dan pengangkatan juru kunci. “Puncak dari rangkaian kegiatan ini adalah Dzikir Akbar yang dihadiri beberapa alim ulama dan tokokh-tokoh nasional, provinsi, dan tokoh-tokoh Cirebon” ungakapnya. Menurutnya, kegiatan Haul ini bertujuan untuk mengingat sejarah perjuangan dan ajaran agama islam yang dibawakan para Wali termasuk Sunan Gunung Jati. “Petatah-petitih yang kita kenal adalah ‘Ingsun Titip Tajug Lan Fakir Miskin’ yaitu bagaimana kita bisa meningkatkan keimanan melalui hubungan antara manusia dengan manusia dan hubungan antara manusia dengan Tuhan” tuturnya.

Ia melanjutkan, acara Haul Sunan Gunung Jati selalu diperingati setiap tahunnya pada tanggal 12 Dzulhijjah dan sudah menjadi tradisi di Keraton Kasepuhan Cirebon. “Acara Haul beliau setiap tahun digelar pada tanggal 12 Dzulhijjah atau dua hari setelah hari Raya Idul Adha. Kebetulan tanggal itu jatuh pada hari Kamis Malam Jumat tanggal 17 Oktober 2013” jelasnya. Dalam rangkaian acara Haul Sunan Gunung Jati ini Sultan Sepuh berharap, segala kemudahan dan rezeki yang melimpah khususnya bagi masyarakat Cirebon dan Indonesia pada umumnya.

“Pesan khususnya, semoga Kabupaten Cirebon bisa mendapat pemimpin baru yang sesuai dengan amanat yang dititipakn oleh Sunan Gunung Jati, dan yang di daerah Banten juga semoga dimudahkan segala permasalahan yang menimpa pemimpinnya serta cepat selesai” tutupnya.(Frans C. Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s