Maju ke Putaran Kedua, Pasangan Hebat Didukung 15 Partai

15 Partai mendeklarasikan dukungannya pada Pasangan Hebat maju putaran kedua, di PIkada Kabupaten Cirebon.
15 Partai mendeklarasikan dukungannya pada Pasangan Hebat maju putaran kedua, di PIkada Kabupaten Cirebon.

(Suara Gratia)Cirebon – Meski Pilkada Kabupaten Cirebon 2013 belum diputuskan bakal berlangsung dua putaran, tim pemenangan pasangan calon bupati dan wakil bupati Raden Sri Heviyana Supardi-Rakhmat (Hebat) yang menduduki peringkat kedua perolehan suara terbanyak pada 6 Oktober lalu, telah mengantongi dukungan 15 partai parlemen dan non-parlemen.

Hebat yang sebelumnya maju dengan dukungan dari Hanura, PAN, PKNU, PKPB, dan PPI, kemarin mendeklarasikan diri bersama dukungan partai lain yang sebelumnya mengusung pasangan calon masing-masing. Partai yang kini resmi mendukung Hebat yakni Golkar, PKS, Demokrat, Gerindra, PBB, Nasdem, ditambah sejumlah partai non-parlemen lainnya.

Dukungan itu dinyatakan dalam Deklarasi Partai Pendukung Hebat Putaran Kedua di Hotel Apita, Tuparev, Kabupaten Cirebon. Di luar itu, PKB yang sebelumnya mengusung pasangan calon M Luthfi-Ratu Raja Arimbi Nurtina, belum menyatakan dukungan resminya baik bagi Hebat maupun pasangan calon yang juga diperhitungkan maju pada putaran kedua nanti, Sunjaya Purwadi-Tasiya Soemadi (Jago Jadi) yang diusung PDI Perjuangan.

Perwakilan yang juga pengurus PKS Kabupaten Cirebon, Aidin Tamim dalam kesempatan itu mengakui, dukungan terhadap Hebat untuk putaran kedua sengaja tetap dilakukan meski ada gugatan sejumlah pasangan calon kepala daerah Kabupaten Cirebon ke Mahkamah Konstitusi (MK). “Biarkan proses gugatan di MK berjalan. Lepas dari itu, Hebat akan tetap bersiap diri untuk putaran kedua,” tegasnya.

Ia menilai, pasangan Hebat memiliki komunikasi aktif yang baik sehingga upaya mereka menyamakan persepsi dapat terjalin. Dengan tambahan dukungan itu, Hebat menargetkan kemenangan mutlak. Pihaknya pun berencana menekan KPU Kabupaten Cirebon untuk meningkatkan partisipasi publik dalam pilkada putaran kedua kelak. Sebagaimana diketahui, tingkat partisipasi pilkada 6 Oktober lalu hanya 52%.

Disinggung rencana ‘menarik’ dukungan dari PKB untuk semakin mengoptimalkan dukungan terhadap Hebat, Aidin mengatakan akan terus membangun komunikasi. “Tidak menutup kemungkinan PKB akan bersama kami,” tandasnya.

Sementara itu, Heviyana dalam kesempatan itu mengungkapkan ketidakpercayaannya atas tambahan dukungan dari partai lain. “Kami dalam hal ini ikuti aturan UU, tidak ada pasangan calon yang dapat suara 30%, maka kami siapkan diri untuk putaran kedua,” tutupnya.(Frans C. Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s