Kota Cirebon Rayakan HUT Ke-644

Ribuan warga Kota Cirebon dengan antusias menyaksikan pawai obor, sebagai tanda dimulainya rangkaian kegiatan HUT Kota Cirebon ke-644.
Ribuan warga Kota Cirebon dengan antusias menyaksikan pawai obor, sebagai tanda dimulainya rangkaian kegiatan HUT Kota Cirebon ke-644.

(Suara Gratia)Cirebon – Malam ini ribuan warga dari seluruh Kecamatan dan Kelurahan di Kota Cirebon turun ke jalan melakukan pawai obor, sebagai tanda dimulainya rangkaian kegiatan HUT Kota Cirebon sekaligus memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharam 1435 Hijriyah. Pasalnya, mulai hari ini Senin (04/11) hingga pekan depan, sejumlah rangkaian kegiatan digelar untuk memperingati Hari Jadi Kota Cirebon yang ke-644 tahun. Diantaranya adalah, Shalat Ashar Berjamaah dan Ziarah ke Makam Sunan Gunung Jati, Pawai Obor dan Zikir Akbar, Kirab Seni dan Budaya, Pembacaan Babad Cirebon, Pagelaran Kesenian, Pameran dan Bazar, Demo dan Workshop Seni Rupa dan Kriya, Jalan Sehat, Workshop dan Lomba Fotografi Heritage dan Architecture.

Ditemui, setelah meresmikan pembukaan rangkaian kegiatan HUT Kota Cirebon ke-644 tahun, Walikota Cirebon Ano Sutrisno, mengajak seluruh masyarakat Kota Cirebon untuk bersyukur kepada para leluhur yang telah mewariskan Kota sekaligus masyarakatnya yang indah, serta tetap optimis dan bersemangat dalam berkarya dan berjuang mengukir hidup yang lebih baik. Ia berharap, dengan kegiatan pawai obor ini Kota Cirebon akan menyongsong hari esok yang lebih bercahaya seperti sinar obor yang dinyalakan pada malam hari ini.

“Dahulu Cirebon ini merupakan hutan belantara,” ujarnya. Ano melanjutkan, seiring perkembangan zaman Kota Cirebon juga ikut berkembang bersama masyarakatnya, namun tetap mempertahankan karakter dan nilai-nilai kebudayaan lokal.

Dirinya berpesan, agar apa yang telah dicapai hingga hari ini jangan sampai disia-siakan, karena untuk membangun Cirebon dibutuhkan sinergi antara masyarakat dan pemerintah. “Semoga segala niat, usaha, dan ikhtiar kita diridhoi Allah SWT,” serunya.

Sementara, Kepala Bagian Humas Pemerintah Kota Cirebon Agus Sukmanjaya mengatakan, kegiatan pawai obor merupakan kegiatan rutin tahunan dalam memperingati HUT Kota Cirebon sekaligus memeriahkan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1435 Hijriyah (05 Nopember 2013). “Prosesi pawai obor ini dibudayakan setiap tanggal 1 Muharam, sebagai simbol harapan kedepan akan lebih baik dan lebih baik lagi,” bebernya, ditemui usai melakuan prosesi pelepasan pawai obor di depan Balaikota Cirebon Jalan Siliwangi.

Dirinya mengapresiasi antusiasme masyarakat Kota Cirebon dalam mengikuti pawai obor dan serangkaian kegiatan HUT Kota Cirebon, karena dari tahun ke tahun pesertanya semakin meningkat. “Catatan kami dari panitia, jumlah peserta pawai obor tahun ini mencapai 1.000 orang, belum termasuk peserta yang ikut dadakan,” ungkapnya.(Frans C. Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s