Ratusan Warga Binaan Lapas Klas I Cirebon Ikuti Ajang Pencarian Bakat

Para Finlasi Lapas Idol 2013 memperebutkan Juara pertama dalam ajang pencarian bakat antar warga binaan di Lapas Klas 1 Cirebon.
Para Finlasi Lapas Idol 2013 memperebutkan Juara pertama dalam ajang pencarian bakat antar warga binaan di Lapas Klas 1 Cirebon.

(Suara Gratia)Cirebon – Setelah sukses menggelar Rumah Tahanan (Rutan) Idol beberapa waktu lalu, kini Yayasan Baitul Ilmi Cirebon kembali menggelar ajang pencarian bakat serupa yakni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Idol. Kontes pencarian bakat bagi warga binaan ini merupakan rangkaian kegiatan yang akan digelar di seluruh Rutan dan Lapas di wilayah Cirebon. Pasalnya para pemenang-pemenang Rutan Idol dan Lapas Idol akan dipertandingan kembali untuk mencari pemenang utama dalam Grand Final Rutan dan Lapas Idol.

Hari ini, Sabtu 23 Nopember 2013 Lapas Idol yang di Gelar di Lapas Klas 1 Cirebon Jalan Kesambi Raya Kecamatan Kesambi Kota Cirebon telah memasuki putaran final. Dari 138 peserta warga binaan yang sudah melewati babak kualifikasi selama satu bulan lebih, tersisa enam finalis yang berhak memperebutkan juara 1, 2, dan juara 3, serta juara harapan 1, 2, dan 3.

Kepala Lapas Klas 1 Kesambi Cirebon Agus Sukono mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari pembinaan di dalam Lapas, agar warga binaan memiliki hak yang sama dalam mengekspresikan bakat seninya. “Kita tidak boleh mematikan kreatifitas, bakat, atau kemampuan seseorang, termasuk warga binaan. Dan kita tidak boleh menjadikan orang lebih buruk dari sebelumnya,” ujarnya.

Ia menjelaskan, Lapas Klas 1 Cirebon sendiri dihuni oleh 567 warga binaan dari kapasitas 550 orang. Ia mengaku, bagi pemenang pencarian bakat antar warga binaan ini tidak akan mendapatkan remisi atau pengurangan masa tahanan secara langsung, namun ia mengaku bagi warga binaan yang mengikuti seluruh program di dalam Lapas akan memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan remisi. “Untuk pengurangan masa tahanan, kita kembali pada aturan-aturan dasar,” terangnya.

Sementara, Ketua Yayasan Baitul Ilmi Fifi Sopiah menjeaskan, dalam babak final Lapas Idol  ini para pemenangnya adalah Toton Ropyan Toni (Juara 1), Bambang (Juara 2), dan Penther Barus (Juara 3), serta Abdul Hamid (Juara Harapan 1), Lukas (Juara Harapan 2), dan Ihksan (Juara Harapan 3). “Babak final ini diikuti 6 peserta yang tersisa. Mereka menampilkan penampilan terbaik yaitu menyanyi,” ucapnya.

Ia melanjutkan, selain mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan dan sejumlah bingkisan menarik, para pemenang Lapas Idol ini akan didukung penuh hingga masuk dapur rekaman. Dirinya berharap, dengan adanya ajang pencarian bakat ini, ketika kembali di tengah masyarakat para warga binaan dapat diterima dengan baik dan tidak ada stigma buruk yang melekat padanya. “Kami ingin, mereka bisa mandiri. Ketika warga binaan kembali ke dalam lingkungan keluarganya, masyarakat merasa nyaman dan terhibur,” tutupnya.(Frans C. Mokalu)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s