Antisipasi Pemanasan Global, Pemkot Cirebon Tanam Puluhan Ribu Pohon

Wali Kota Cirebon Ano Sutrisno menanam pohon, sebagai komitmen Pemkot Cirebon dan masyarakat untuk menyelamatkan lingkungan.
Wali Kota Cirebon Ano Sutrisno menanam pohon, sebagai komitmen Pemkot Cirebon dan masyarakat untuk menyelamatkan lingkungan.

(Suara Gratia)Cirebon – Pemanasan global bukan merupakan fenomena alam semesta, namun merupakan dampak dari aktifitas manusia yang tida terkendali, hal ini telah menyumbang emisi gas rumah kaca dalam skala besar atau Green House, sehingga menyebabkan meningkatnya suhu bumi. Dampak dari pemansan globa dapat dirasakan seluruh umat manusia dunia diantaranya, terganggunya ekosistem, kondisi cuaca yang ekstrim, terganggunga sistem tata air daerah aliran sungai, bencana alam, tanah longsor, dan kekeringan, selain itu dampak yang lebih besar yang dapat mengancam keberlangsungan hidup manusia yakni terganggunya ketahanan pangan.

Upaya perbaikan lingkungan tidak dapat ditunda lagi, dibutuhkan penanganan yang cepat agar generasi yang akan datang dapat menikmati lingkungan hidup yang bersih dan terjaga. Salah satu gerakan yang dapat menyelamatkan lingkungan yang sedang sekarat salah satunya adalah dengan menanam pohon.

Dalam mensukseskan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN), Pemerintah Kota Cirebon bersama seluruh elemen masyarakat hari ini, Kamis 28 Nopember 2013, turut andil dalam pemyelamatan lingkungan dengan menanam ribuan pohon, yang dilakukan secara simbolis di Bumi Perkemahan/Hutan Kota Jalan Pramuka Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon.

Wali Kota Cirebon Ano Sutrisno menjelaskan, dalam pencanangan penanaman satu miliyar pohon, pada tahun 2012 telah ditanam sebanyak 133.925 pohon, terdiri dari 99.725 pohon dari dana pemerintah, 33.200 pohon dari dana masyarakat, dan 1.000 pohon dari dana CSR perusahaan BUMN/BUMD/Swasta. “Semoga kegiatan ini menjadi solusi bersama dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menanam dan memelihara tanaman sebagai bagian dari sikap hidup sehari-hari,” ucapnya.

Sementara, Kepala Dinas Kelautan Perikanan Peternakan dan Pertanian (DKP3) Kota Cirebon Maharani Dewi menyebutkan, hari ini (Kamis, 28/11/2013) sedikitnya telah ditanam 63.000 pohon diantaranya adalah trembesi, dadap merah, mahoni, mangga, sukun, jati Cirebon, nangka, dan masih banyak lainnya. “Sumber pohon adalah dari DKP3 sebanyak 3.875 pohon, dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Cimanuk – Citanduy sebanyak 10.000 pohon dan 50.000 pohon mangrove, dari Kantor Ketahanan Pangan dan DKP masing-masing 25 pohon,” terangnya. Ia melanjutkan, selain itu penyaluran dan penanaman bibit selama Nopember 2013 di sejumlah tempat di Kota Cirebon telah mencapai 1.262 pohon.(Frans C. Mokalu)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s