Komunitas Cirebon Bersih-bersih Pantai

Minggu, 01 Desember 2013 pagi, sejumlah komunitas di Cirebon melkaukan kegiatan bersih-bersih di Wisata Pantai Kejawanan.
Minggu, 01 Desember 2013 pagi, sejumlah komunitas di Cirebon melakukan kegiatan bersih-bersih di Wisata Pantai Kejawanan.

(Suara Gratia)Cirebon – Wisata Pantai Kejawanan di Jalan Kalijaga Kecamatan Lemahwungkuk Kota Cirebon yang terlihat kumuh dan penuh dengan sampah. Kini, terlihat lebih bersih, setelah sejumlah komunitas mengadakan kegiatan “Peduli Pantai Kejawanan Peduli Cirebon” yang digagas oleh Komunitas Bakcpacker Regional Cirebon. Kegiatan bersih-bersih pantai ini didukung juga oleh sejumlah komunitas lainnya yaitu Komunitas Android, Komunitas Pecinta Sungai, Komunitas Stand Up Comedy Cirebon, Komunitas Backpacker Regional Bandung, Komunitas Backpacker Regional Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi), dan komunitas lainnya.

Ketua Backpacker Regional Cirebon Adio Prayogo mengatakan, kegiatan ini diadakan selain untuk memeriahkan ulang tahun Backpacker Regional Cirebon yang pertama, juga untuk mengedukasi masyarakat agar lebih mencintai lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan terlebih ini adalah tempat wisata. “Kami membersihkan sampah-sampah yang ada di sekitar Pantai Kejawanan dalam radius  100 m – 200 m. Dari bibir pantai, warung-warung sekitar pantai, tempat parkir, sampai akses jalan menuju pantai,” jelasnya. Tidak sampai situ, ia bersama komunitas lainnya juga memberikan kantong-kantong sampah berukuran besar kepada pemilik warung di sekitar pantai.

Adio menjelaskan, selain didukung oleh beberapa komunitas kegiatan ini juga bekerjasama dengan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Cirebon. Untuk mencegah pengunjung dan warga sekitar membuang sampah sembarangan kembali, ia dan kawan-kawannya meletakkan 4 set tong sampah di sekitar pantai, dalam beberapa hari kedepan jumlah tong sampah ini akan ditambah. “Kami menaruh tong sampah disini, selanjutnya dua atau tiga hari sekali sampahnya akan diambil oleh Dinas Kebersihan,” ungkapnya.

Perwakilan Backpacker Regional Bandung Dinar mengungkapkan, sampah-sampah yang terkumpul terdiri dari berbagai jenis yaitu sampah plastik bekas makanan ringan, botol plastik bekas minuman ringan, sampah daun, kayu kering, bahkan popok bayi. “Kami mulai dari jam enam pagi sampai jam sembilan sudah terkumpul sekitar 15 polybag sampah. Sampah ini akan kami setorkan ke bang sampah terdekat. Selain mempererat kebersamaan, kami juga ingin Indonesia besih dari sampah” tuturnya. Ia berharap, kedepan kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi masyarakat sekitar dalam menjaga lingkungan agar tetap bersih dan nyaman.

Sementara perwakilan Backpacker Regional Jabodetabek Mario Andreas Sentero bersama kawan-kawannya datang dari Jakarta memberi dukungan Komunitas Backpacker Cirebon dalam merayakan ulang tahunnya yang pertama. “Sebelumnya kami sudah melakukan kegiatan yang sama di daerah Jabodetabek dan Bandung, kali ini di Cirebon,” jelasnya. Menurutnya, ini adalah wujud nyata kepedulian dari Komunitas Backpacker dalam menjaga lingkungan. Mario sempat menyayangkan kondisi tempat wisata Pantai Kejawanan yang terlihat kumuh, ia berharap tempat wisata seperti ini dapat dikelola dengan baik oleh masyarakat dan pemerintah setempat.(Frans C.Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s