Amankan Natal dan Tahun Baru, Polres Cirebon Kota Kerahkan 585 Personel

Upacara Gelar Pasukan Pengamanan Operasi Lilin Lodaya 2013 di Mako Ciko.
Upacara Gelar Pasukan Pengamanan Operasi Lilin Lodaya 2013 di Mako Ciko.

(Suara Gratia)Cirebon – Polres Cirebon Kota menerjunkan 585 personil untuk pengamanan perayaan Natal 2013 dan Tahun Baru 2014. Hal ini terugkap dalam Upacara Gelar Pasukan Pengamanan Operasi Lilin Lodaya 2013 hari ini Jumat 20 Desember, di Markas Komando (Mako) Polres Cirebon Kota (Ciko) Jalan Veteran No. 5 Cirebon. Ratusan personel pengamanan ini terdiri dari TNI, Polri, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Pemuda Pancasila, dan lainnya.

Kapolres Ciko AKBP Dani Kustoni menjelaskan, sistem pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru 2014 tidak berbeda dengan tahun lalu, pihaknya sendiri menerjunkan sebanyak 380 personel sisanya terdiri dari lintas sektoral. “Personil ini akan kita tempatkan di gereja-gereja, pos pengamanan, dan pusat-pusat keramaian lainnya,” ungkapnya.

Dani melanjutkan, di Kota Cirebon sendiri sedikitnya ada 42 gereja besar dan kecil, sementara gereja besar akan diamankan oleh 25 personel dan gereja kecil didukung sebanyak 4-5 personel. “Kita melakukan pengamanan terbuka dan tertutup. Jumlah personel disesuaikan dengan kapasitas gereja dan kegiatan yang dilakukan, karena mereka memiliki rangkaian kegiatan dari Natal hingga Tahun Baru bahkan ada beberapa yang dilaksanakan setelah pergantian Tahun,” bebernya.

Selain itu, sebelum parayaan Natal pihaknya akan menerjunkan satu unit tim penjinak bom (Jibom) untuk melakukan sterilisasi di sejumlah gereja, pasalnya walaupun tahun-tahun sebelumnya perayaan Natal dan tahun Baru berlangsung aman dan terkendali tetapi pihaknya tetap waspada terhadap gangguan keamanan sekecil apapun. “Semua komponen kita gunakan untuk cipta kondisi keamanan,” tuturnya.

Sementara, seluruh tempat yang menjadi tujuan utama konsentrasi masa pada saat puncak malam pergantian tahun di wilayah Kota Cirebon, seperti Alun-alun Kejaksan, Jalan Kartini, dan Jalan Siliwangi, mendapat perhatian khusus dari pihak keamanan. “Pusat dari pusatnya Kota Cirebon adalah Alun-alun Kejaksan, masyarakat ini kan kalo belum lewat Alun-alun berarti belum malam tahun baruan,” ungkap Kabag Ops Polres Ciko Kompol Wawan Sumantri ditemui setelah Gelar Pasukan Lilin Lodaya di Mako Ciko.

Menurutnya, masyarakat akan memadati jalan-jalan utama Kota Cirebon mulai pukul 20.00 WIB hingga malam puncak pergantian tahun yakni pukul 00.00 WIB, hal ini akan menimbulkan kemacetan yang tidak dapat dihindari bahkan arus lalu lintas tidak bergerak sama sekali. Walaupun, dua pertiga anggota kepolisian terfokus pada pengamanan Operasi Lilin Lodaya namun pihaknya dapat merespon dengan cepat jika ada laporan dari masyarakat mengenai gangguan keamanan. “Kita memiliki sepertiga anggota yang stand by melaksanakan kegiatan rutin quick respon,” tutupnya.(Frans C. Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s