JSI : Pilbup Cirebon Putaran II Dimenangkan Pasangan “JAGO JADI”

Manajer Riset JSI (kiri) saat memberikan keterangan kepada sejumlah awak media.
Manajer Riset JSI (kiri) saat memberikan keterangan kepada sejumlah awak media.

(Suara Gratia)Cirebon – Hari ini Minggu, 29 Desember 2013 seluruh warga Kabupaten Cirebon, telah rampung memberikan hak suaranya dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Cirebon Putaran II. Kedua pasang calon Bupati dan Wakil Bupati Cirebon yang maju dalam Pilbup Putaran II adalah Sunjaya Purwadi-Tasiya Soemadi Gotas (JAGO JADI) dan Raden Sri Heviyana Supardi-Rakhmat (HEBAT).

Menurut hasil hitung cepat (Qiuck Count) Lembaga Jaringan Suara Indonesia (JSI) hari ini, psangan JAGO JADI menjadi pemenang dalam Pilbup Cirebon Putaran II dengan perolehan suara sebanyak 52,74 persen, pasangan HEBAT hanya memperoleh sebanyak 47,26 persen suara.

Manajer Riset JSI Sukanta menjelaskan, di Kabupaten Cirebon terdapat 1.696.981 daftar pemilih tetap (DPT) yang memberikan hak suaranya di 3.650 tempat pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 40 Kecamatan. “Data seluruh hasil penghitungan suara kami peroleh pada pukul 14.00 WIB. Tidak ada kendala sama sekali, karena jaringan dan sinyal dalam kondisi baik,” bebernya. Dalam hitung cepat ini, pihaknya menurunkan sebanyak 250 relawan yang tidak beraviliasi dengan salah satu kandidat manapun, sebelumnya relawan yang seluruhnya berasal dari Bandung ini telah diberikan pelatihan dan pembekalan. “Kami pilih relawan yang netral,” imbuhnya.

Sukanta melanjutkan, warga yang tidak memberikan hak suaranya atau Golput pada Pilbup Cirebon Putaran II ini sebanyak 46,67 persen, menurun dibandingkan Pilbup pertama yakni sekitar 54 persen. “Kita melakukan sampling di 250 TPS, menggunakan teknik sampling Multistage Random Sampling. Mungkin karena Pilbup Putaran II ini bertepatan dengan liburan,” jelasnya. Namun, pihaknya menekankan hasil penghitungan ini belum sah dan mutlak karena harus menunggu hasil penghitungan resmi dari KPU, yang hasilnya dapat diketahui dalam satu atau dua minggu kedepan. “Kita tunggu hasil resminya dari KPU,” tutupnya.

Sebelumnya, Pilkada Kabupaten Cirebon putaran pertama yang digelar 6 Oktober 2013 lalu dengan enam pasang calon. Namun, berdasarkan rekapitulasi penghitungan suara, tak ada satupun calon yang meraih suara sampai 30 persen.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon, memutuskan pilkada dilakukan dua putaran antara peraih suara terbanyak peringkat satu, yaitu JAGO JADI dengan 27,89 persen dan HEBAT 20,14 persen.(Frans C. Mokalu)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s