Pembatalan Tiket KA Tujuan Jateng-Jatim Tidak Dikenakan Potongan

Manajer Humas Daops III Cirebon Suprapto, membagikan masker gratis kepada penumpang tujuan Jateng-Jatim.
Manajer Humas Daops III Cirebon Suprapto, membagikan masker gratis kepada penumpang tujuan Jateng-Jatim.

(Suara Gratia)Cirebon – Untuk menjamin kenyamanan penumpang yang terkena dampak baik secara langsung maupun tidak langsung, bencana erupsi Gunung Kelud di Jawa Timur 13 Pebruari lalu. PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daops) III Cirebon menjamin pembatalan dan pengembalian tiket KA tujuan Jateng dan Jatim tidak dipungut biaya apapun atau dikembalikan 100 persen tanpa potongan.

Dengan pengaturan sebagai berikut : diberlakukan khusus bagi penumpang terdampak erupsi Gunung Kelud baik secara langsung maupun tidak langsung di seluruh wilayah Daerah Operasi (Daops) 1 sampai 9. Pembatalan atau pengembalian tiket dapat dilakukan maksimal 3X24 jam setelah jadwal keberangkatan Kereta Api. Pembatalan tiket dan pengembalian bea dilakukan di seluruh stasiun yang melayani pengembalian bea. Ketentuan ini, berlaku untuk keberangkatan Kereta Api muai tanggal 14 Pebruari sampai 28 pebruari 2014 mendatang.

Menurut Manajer Humas Daops III Cirebon Suprapto, dari dari data yang terkumpul sampai dengan 17 Pebruari 2014 pukul 10.00 WIB di wilayah Daops III Cirebon, penumpang yang membatalkan perjalanannya muai tanggal 14 Pebruari sampai 27 Pebruari 2014 sebanyak 107 penumpang.

Ia menjelaskan, Stasiun yang melayani pengembalian tiket akibat bencana Gunung Kelud di wiayah Daop III Cirebon yaitu Stasiun Cirebon Kejaksan, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Brebes, Stasiun Babakan, Stasiun Ciledug, Stasiun Arjawinangun, Stasiun Jatibarang, Stasiun Hargeulis, dan Stasiun Pegaden.

“Aturan tambahan bea tiket dikembalikan 100 persen dari harga tiket diluar bea pesan, dan diberikan secara tunai atau langsung tanpa potongan,” tuturnya.

Dirinya mengimbau kepada seluruh penumpang tujuan Jateng dan Jatim dimana daerah tersebut terdampak erupsi Gunung Kelud untuk berhati-hati dan selalu menggunakan masker. “Kami menghimbau kepada para penumpang untuk senantiasa membawa masker penutup debu secukupnya, agar terhindar dari dampak debu vulkanik yang bisa mengganggu kesehatan,” terangnya.

Lebih jauh ia menambahkan, aturan ini tidak berlaku untuk perjalanan dari Cirebon ke Jakarta dan Bandung atau sebaliknya. Untuk yang ke Bandung atau Jakarta berlaku aturan sesuai syarat-syarat dan tairf angkutan Kereta Api (STP). “Kalau mau membatalkan 30 menit sebelum keberangkatan KA, dikenakan bea administrasi sebesar 25 persen dari harga tiket diluar bea pesan,” ujarnya.(Frans C. Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s