Suara Gratia FM Layani Trauma Healing Korban Banjir

Relawan Radio Suara Gratia FM melayani Trauma Healing anak-anak korban banjir di Desa Pranggong Kec. Arahan Kab. Indramayu (15/2)
Relawan Radio Suara Gratia FM melayani Trauma Healing anak-anak korban banjir di Desa Pranggong Kec. Arahan Kab. Indramayu (15/2)

(SuaraGratia) Cirebon –  Bencana banjir yang melanda wilayah pantura khususnya kabupaten Indramayu beberapa waktu yang lalu  selain menimbulkan kerugian secara materi karena rusaknya harta benda, juga membawa dampak psikologis yang buruk bagi anak-anak.

Sedikitnya tiga ratus anak usia lima sampai tiga belas tahun di Desa Sukadadi dan Desa Pranggong, Kecamatan Arahan, Kabupaten Indramayu mengikuti trauma healing yang diadakan oleh Radio Suara Gratia 95,9 FM Cirebon, Sabtu (15/2) sebagai bagian dari program Berbagi Kasih bagi korban banjir di wilayah pantura, khususnya kabupaten Indramayu.

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk memulihkan kondisi psikologis anak-anak pasca banjir yang terjadi beberapa waktu yang lalu. Station Manager Suara Gratia FM, Stepanus Cahyanto yang biasa disapa Steve mengatakan, anak-anak biasanya paling mudah mengalami tekanan psikologis apabila terjadi benca alam di daerah mereka, dikarenakan mereka kehilangan apa yang mereka miliki, juga kehilangan waktu bermain dan belajar.

“Kegiatan trauma healing yang kami lakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap anak-anak dan semoga bisa memberikan penghiburan, motivasi dan semangat baru untuk anak-anak agar mereka bisa lepas dari tekanan psikologis yang dialami.” Jelasnya.

Kegiatan trauma healing yang dilakukan dalam bentuk  gerak dan lagu, yel-yel motivasi, permainan kreatif, kuis pengetahuan dan flash dance Save Indonesia. Relawan Suara Gratia FM juga menyediakan badut dan membagi-bagikan hadiah kepada anak-anak, sehingga membuat acara ini semakin semarak dan menghibur. Kegiatan ini tidak hanya menarik bagi anak-anak, tetapi juga beberapa orang tua yang menemani larut dalam suasana sukacita.

“Kami sangat terharu dan senang melihat anak-anak begitu senang dan antusias mengikuti acara ini. Harapan kami melalui kegiatan ini anak-anak bisa pulih dan segera melupakan apa yang sudah terjadi dan mereka bisa kembali beraktifitas dengan semangat baru.” ungkap Steve. Diakhir kegiatan ini anak-anak dibagikan  gelang, bingkisan makanan dan minuman sehat serta vitamin.

Desa Sukadadi dan Desa Pranggong merupakan desa yang mengalami banjir yang cukup parah beberapa waktu lalu. Puluhan rumah rusak berat dan ringan diterjang banjir setinggi lebih dari satu meter. Tim Berbagi Kasih Radio Suara Gratia FM datang ke lokasi untuk menyalurkan bantuan yang dihimpun dari pendengar radio dan kegiatan trauma healing.

Bantuan yang disalurkan kepada korban banjir berupa makanan, baju layak pakai, kompor gas, tabung gas isi elpiji 3 kilogram, peralatan masak, perlengkapan makan, perlengkapan sekolah, vitamin, susu bayi dan tenda terpal.

Ketua RT.16 RW.03 Desa Pranggong, Duroji mengaku sangat bersyukur dengan kedatangan tim Berbagi Kasih Radio Suara Gratia FM di daerahnya, karena kegiatan ini sangat membantu untuk mengembalikan keceriaan anak-anak dan bantuan yang diberikan sangat bermanfaat bagi warga yang membutuhkan.

Bantuan yang sama juga disalurkan di Desa Eretan Kulon, Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu. “Ini adalah bantuan tahap kedua dimana sebelumnya kami juga menyalurkan bantuan bahan makanan, tikar dan selimut bagi warga Desa Eretan Kulon.” ungkap Steve. (Frans C.Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s