Pemkot Cirebon Kumpulkan Dana Untuk Satinah

Petugas Protokol Pemkot Cirebon, berkeliling mengumpulkan dana setelah apel pagi di Balai Kota Cirebon.
Petugas Protokol Pemkot Cirebon, berkeliling mengumpulkan dana setelah apel pagi di Balai Kota.

(Suara Gratia)Cirebon – Apel pagi hari ini di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon, Rabu  02 April 2014 terasa berbeda, karena dalam apel pagi yang dimulai pukul 07.00 –  08.00 WIB tersebut, secara spontan Wali Kota Cirebon Ano Sutrisno sekaligus sebagai inspektur upacara menginstruksikan jajarannya mengumpulkan donasi untuk Satinah (41 tahun) yakni, Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Dusun Mrunten Desa Kalisidi, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, yang divonis hukuman mati di Arab Saudi.

Satinah binti Jumadi sendiri, menerima putusan dari Pengadilan Buraidah, Arab Saudi ditetapkan bersalah sebagai pelaku pembunuhan majikan perempuannya Nura Al Gharib di wilayah Gaseem Arab Saudi dan melakukan pencurian uang sebesar 37.970 riyal pada bulan Juni 2007.

Setelah apel pagi selesai, sebelum peserta dibubarkan salah satu petugas dari Protokol Pemkot Cirebon Caturwulan, dengan sigap berkeliling sambil membawa kardus bekas mie instan, mengumpulkan sejumlah uang untuk didonasikan kepada Satinah. Dengan sukarela Wali Kota Cirebon Ano Sutrisno, merupakan yang pertama memberikan donasi langsung dimasukkan ke dalam kardus tersebut.

Sedikitnya 400-an pegawai di lingkungan Pemkot Cirebon, tanpa aba-aba langsung merogoh kantong mengambil sejumlah rupiah dan memasukkannya kedalam kardus.

Wali Kota Cirebon mengatakan, aksi pengumpulan dana ini merupakan wujud kepedulian Pemkot Cirebon terhadap nasib TKI yang sekarang menerima vonis mati dari Arab Saudi. Menurutnya, jumlah dana yang terkumpul tidak seberapa, tetapi ini merupakan tanggung jawab moral dan mendukung keluarga Satinah, sekaligus mendorong pemerintah untuk memberikan perhatian kepada seluruh TKI yang bekerja di luar negeri.

“Dalam apel ini secara spontanitas, sebagai wujud kepedulian saya mengajak seluruh pegawai di Pemkot Cirebon untuk meringankan beban Satinah dan keluarganya,” tuturnya.

Dana yang terkumpul selanjutnya akan langsung disalurkan kepada rekening pemerintah, pengumpulan dana ini tidak ada batas waktu selagi masih ada yang menyumbang Pemkot Cirebon masih menerima. “Batas waktunya tidak kita tentukan,” imbuhnya.

Dirinya pun tidak mentarget berapa jumlah uang yang diberikan. “Seberapapun hasil dari penggalangan dana ini, yang penting ikhlas,” tuturnya.(Frans C.Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s