Kecelakaan Kereta Tasikmalaya, KA Lintas Selatan Dialihkan Melalui Cirebon

KA Cirebon Ekspress relasi Cirebon - Jakarta siap diberangkatkan dari Stasiun Cirebon pukul 10.00 WIB, Sabtu 5/4/2014.
KA Cirebon Ekspress relasi Cirebon – Jakarta siap diberangkatkan dari Stasiun Cirebon pukul 10.00 WIB, Sabtu 5/4/2014.

(Suara Gratia)Cirebon – Kecelakaan Kereta Api Malabar rute Bandung – Malang di Cirahayu, Desa Mekarsari Kec Kadipaten, Kab Tasikmalaya, Jumat (4/4/2014) malam, berdampak pada semakin sibuknya jalur kereta Cirebon dan sejumlah jadwal keberangkatan serta kedatangan kereta mengalami keterlambatan. Khususnya, jalur menuju Jakarta dan kepadatan lalu lintas kereta terjadi di Stasiun Cikampek.

Manajer Humas PT KAI Daop III Cirebon Suprapto mengatakan, pengaruhnya dari Peristiwa Luar Biasa Hebat (PLH) KA Malabar adalah semakin padatnya frekwensi Kereta Api di lintas Purwokerto – Cirebon – Cikampek.

Ia menjelaskan, berhubung adanya KA-KA yang memutar dari arah Bandung menuju Kroya Jawa Tengah. Tercatat malam ini (Jumat, 4/4/2014) sebanyak 13 KA yang seharusnya melalui jalur selatan, karena terjadinya peristiwa luar biasa hebat (PLH) tersebut dialihkan perjalanannya dengan memutar melalui Kroya – Cirebon – Cikampek – Purwakarta.

“Jalur Cikampek – Cirebon tentunya akan bertambah frekwensi perjalanan kereta apinya, setelah sejak tadi malam pukul 22.00 WIB sebanyak 13 kereta yang dialihkan perjalanannya dialihkan memutar melalui Cirebon,” bebernya.

Suprapto melanjutkan, berhubung lintas Cikampek – Cirebon sudah doubletrack, kemungkinan untuk KA Argojati relasi Cirebon – Jakarta dan KA Cirebon Ekspress tidak begitu terpengaruh, kecuali untuk KA Ciremai Ekspress yang berasal dari Bandung kemungkinan akan terpengaruh, dengan adanya persilangan di lintas Bandung – Purwakarta yang masih satu jalur.

Rencanaya Sabtu, 05 April 2014 KA-KA lintas selatan yang memutar melalui Cirebon ada empat KA diantaranya, KA Serayu relasi Kroya – Jakarta, KA Lodaya (Solo – Bandung), KA Kutojaya (Kutoarjo – Bandung), dan KA Serayu (Jakarta – Kroya).

“Sebelumnya empat KA lintas selatan yang akan memutar melalui Cirebon, sekarang bertambah menjadi lima kereta, yaitu KA Argowilis relasi Surabaya – Bandung,” terangnya.

Ia menambahkan, titik tersibuk dengan adanya jalan memutar tersebut, berada di stasiun Cikampek, dimana di stasiun tersebut KA-KA lintas selatan harus melakukan gerakan langsiran untuk memutar lokomotif. Dipastikan akan ada keterlambatan untuk KA lintas selatan yang berjalan memutar tersebut, berhubung jarak tempuhnya yang bertambah jauh.

“Atas keterlambatan dan ketidaknyamanan tersebut, kami dari pihak PT KAI Daop III Cirebon mohon maaf yang sebesar-besarnya dan harap maklum,” tutupnya.(Frans C. Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s