544 Warga Binaan Kota Cirebon Tidak Golput

Dua orang warga binaan LP Klas I Cirebon menggunakan hak pilihnya di TPS 20/TPS Khusus
Dua orang warga binaan menggunakan hak pilihnya di TPS 20/TPS Khusus Lapas Klas I Cirebon.

(Suara Gratia)Cirebon – Hari ini, Kamis 09 april 2014  sebanyak 233.270 orang warga Kota Cirebon menggunakan hak pilihnya di 648 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di lima Kecamatan.

Tak terkecuali di Lembaga Pemasyarakatan Klas I Kesambi. Sedikitnya 544 warga binaan menggunakan hak pilihnya di TPS Khusus Lapas Klas I Cirebon Kelurahan Kesambi Kecamatan Kesambi. Jumlah ini terdiri dari 367 Daftar Pemilih tetap (DPT) dan 177 daftar Pemilih Khusus (DPK), termasuk 10 orang terpidana mati dan 1 orang terpidana teroris.

Kepala Lapas Klas I Cirebon Agus Soekono mengatakan, seluruh warga binaan sebanyak 545 orang Lapas Klas I Cirebon menggunakan hak pilihnya tanpa kecuali, logistik Pemilu dari surat suara hingga bilik suara sudah dipersiapkan sejak kemarin (Rabu, 8 April 2014) sore.

“Kapasitas Lapas sebanyak 555 orang, sebanyak 544 warga binaan sudah terdaftar sebagai pemilih termasuk 3 orang yang memilih menggunakan KTP. Seluruh warga negara Indonesia ikut nyoblos,” tuturnya. Sementara, dari 15 terpidana teroris hanya satu orang yang mau menggunakan hak pilihnya.

Agus menjelaskan, yang pertama mencoblos dimulai dari blok E setelah itu diikuti blok lainnya dengan sistem giliran. Ia melanjutkan, dalam proses pencoblosan di TPS 20 ini tidak ada pengamanan khusus, hanya ditambah 6 petugas jadi seluruhnya 16 petugas di serta dari petugas KPPS dan 5 warga binaan yang dilibatkan membantu administrasi pencoblosan. “Tidak ada pengamanan khusus, yang membantu petugas regular saja,” imbuhnya.

Sementara, salah satu warga binaan asal Subang Yono (29 tahun) menginginkan pemilu ini menghasilkan pemimpin yang jujur. “Pengennya yang jujur, tapi saya tidak tahu mana yang jujur,” katanya.

Ia mengaku, tidak mengenal calon legislative yang bertarung dalam Pileg 2014 ini karena selama masa kampanye tidak ada satu pun partai yang melakukan kampanye di LP. Namun dirinya tetap antusias memberikan hak suaranya. “Yang penting saya tidak golput,” imbuhnya.

Warga binaan lainnya, Aji terlihat acuh tak acuh dalam menanggapi Pileg 2014. Diapun tidak tertarik ketika ditanya mengenai Partai pilihannya. “Rahasia,” jawabnya singkat. Namun, ia mengaku tetap akan menggunakan hak pilihnya.(Frans C. Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s