Suporter persib dan Persija Kota Cirebon Berdamai

Ilustrasi.
Ilustrasi.

(Suara Gratia)Cirebon – Sempat batal, islah atau kesepakatan bersama antara supporter kesebelasan Persib Bandung dan Persija Jakarta di Kota Cirebon akhirnya kemarin digelar di Mapolres Cirebon Kota.

Islah dilakukan antara Viking Kota Cirebon, Bobotoh Kota Cirebon, dan The Jak Mania Kota Cirebon, melalui ikrar dan penandatanganan pernyataan kesepakatan damai. Kapolres Cirebon Kota AKBP Dani Kustoni menekankan, islah wajib direalisasikan di lapangan, bukan sekedar seremoni formal.

“Setelah islah, jalin komunikasi dan silakan berkegiatan bersama. Anggap supporter lain sebagai teman sekelas atau sahabat,” katanya.

Islah tersebut dipandang penting mengingat fanatisme kedua pihak yang berlebihan kerap menimbulkan kerugian bagi pecinta sepakbola secara umum. Dani mencontohkan, pembatalan laga Persib dan Persija telah membuat para pecinta sepakbola kecewa.

Dia tak memungkiri, di Kota Cirebon pernah terjadi perselisihan antara supporter Persib dan Persija. Setelah islah, pihaknya berharap masing-masing supporter tak menuangkan fanatisme dalam perselisihan.

“Nikmati saja sepakbola, jaga jangan sampai bertikai. Kalau ada pertandingan, bantu polisi jaga keamanan,” tegasnya. Pihaknya menjanjikan sanksi bagi pelaku yang melanggar kesepakatan.

Ketua The Jak Mania Kota Cirebon Raka Yudhistira berharap, kesepakatan hari itu bukan sekedar hitam di atas putih. Dia pun berjanji menyiapkan sanksi bagi anggota The Jak Mania yang melanggar kesepakatan.

“Kami harap supporter Persib, baik Bobotoh maupun Viking, melakukan hal serupa dan merealisasikan kesepakatan ini,” tuturnya.

Sementara Ketua Viking Independen Kota Cirebon Atis Setiapermana meyakinkan, akan menyosialisasikan perihal islah tersebut kepada para anggotanya. Hal serupa disampaikan Ketua Bobotoh Kota Cirebon Iyan yang juga menandatangani pernyataan damai hari itu.

“Kalau ada yang melanggar, kami tegur. Kalau memang tindakannya pidana kamii serahkan pada kepolisian untuk diproses,” tutupnya.(Frans C. Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s