Daop III Cirebon Siap-siap Hadapi Lonjakan Penumpang Mudik Lebaran

Kadaop III Cirebon Sukairi.
Kadaop III Cirebon Sukairi.

(Suara Gratia)Cirebon – Tradisi tahunan mudk Lebaran Idul Fitri 1435 H tahun 2014 jatuh pada hari Senin, Selasa 28-29 Juli 2014 mendatang. Walaupun mudk Lebaran merupakan momen tahunan, karena skalanya cukup besar, menasional dan waktunya bersamaan, oleh karena itu kegiatan ini perlu diantisipasi karena permintaan kebutuhan transportasi sangat tinggi. Untuk mengantisipasi hal tersebut, khususnya pengguna transportasi Kereta Api, maka PT Kereta Api Indonesia menyusun Rencana Angkutan KA terpadu, dengan menitikberatkan pada faktor keselamatan, keamanan dan kelancaran perjalanan KA (PERKA).

Kepala Daerah Operasi (Daop) III Cirebon Sukairi menerangkan, masa angkutan Lebaran ditetapkan selama 18 hari dimulai pada Pra Lebaran selama 7 hari (21 Juli sampai 27 Juli 2014), masa Lebaran selama 2 hari (28 dan 29 Juli 2014) dan Purna Lebaran selama 9 hari mulai pada 30 Juli hingga 7 Agustus 2014 mendatang.

“Puncak arus mudik Lebaran 2014 diperkirakan terjadi pada H-2, Sabtu 26 Juli 2014 dan puncak arus balik Lebaran diperkirakan terjadi pada Kamis 31 Juli 2014,” katanya.

Ia menjelaskan,, untuk wilayah Jawa PT KAI menyiapkan 265 rangkaian KA reguler yaitu, 22 kereta tambahan komersial serta 18 KA Ekonomi, dengan ketersediaan tempat duduk sebanyak 179.192. “Kereta tambahan di wilayah Daop III belum ada keputusan kapan dan berapa jumlah yang akan dioperasikan, kita masih nunggu dari pusat,” terangnya.

Ia menambahkan, tiket KA keberangkatan pada H-2 sudah habis terjual, sementara keberangkatan H-3 hinnga H-5 masih tersedia 80 persen.

Sementara, Manajer Humas Daop III Cirebon Suprapto mengatakan, Lebaran Idul Fitri masih tiga bulan lagi, tapi bagi sebagian masyarakat yang hendak pulang ke kampung halaman pada momen Lebaran tahun ini pasti sudah jauh-jauh hari memikirkan tiket mudik.

“PT KAI sudah mulai membuka pemesanan tiket mudik Lebaran jarak jauh dan menengah sejak H-90 sebelum keberangkatan. Tanggal 19 April 2014 tiket KA mudk Lebaran sudah bisa dipesan,” tuturnya. Menurutnya, hal ini dilakukan untuk memberi kemudahan dan kesempatan kepada masyarakat untuk mencari alternatif moda transportasi mudik lainnya bila tidak mendapat tiket KA.

Pemesanan tiket KA Lebaran pun kini tidak perlu repot karena bisa dilakukan tanpa harus mengunjungi stasiun KA. Masyarakat dapat memesan tiket KA Lebaran melalui channel eksternal terdekat seperti mini market, website PT KAI, Payment poin contack center 121.

“Kemudahan-kemudahan ini membuat masyarakat yang hendak memesan tiket untuk mudik Lebaran, bahkan tidak harus keluar rumah untuk mendapatkan tiket,” tandasnya.(Frans C. Mokalu)

Iklan

2 Comments Add yours

  1. semoga tahun ini gak ada lagi kecelakaan yang banyak memakan korban lagi
    mohon di perketat lagi pengecekan mesin dan sopir kendaraan nya
    terimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s