BSMI Gelar Mukernas di Cirebon

headline(Suara Gratia)Cirebon – Jumat (06/6) hingga Minggu (08/6) Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) menggelar Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) ke-6 di Kota Cirebon. Dalam Mukernas tersebut, BSMI menghendaki pengakuan tertulis atas eksistensinya di Indonesia, sejajar dengan Palang Merah Indonesia (PMI).

Aspirasi ini, rencananya akan diperjuangkan melalui Rancangan Undang Undang (RUU) Kepalangmerahan yang sempat dibahas pansus DPR RI, dalam mukernas tersebut.

Menurut Sekjen BSMI M. Rudi organisasi sosial ini sudah mendapatkan pengakuan yang kuat dan telah bekerjasama dengan lembaga kemanusiaan di tingkat nasional, regional, dan internasional. “Selama ini BSMI sudah mendapat pengakuan lisan dan kini kami sedang perjuangkan eksistensinya secara tertulis, supaya BSMI dan PMI sejajar di Indonesia,” tuturnya.

Rudi mengatakan, keberadaan BSMI tidak akan menghilangkan eksistensi PMI namun semangat BSMI memperjuangkan diri sejajar sebagai bentuk kontribusi dalam sosial kemanusiaan. “Secara internasional, BSMI yang pertama kali dipelopori di Turki ini telah diakui di Jenewa, Swiss. Kami tidak ingin menghilangkan eksistensi PMI,” ujarnya. Pasalnya, masalah kemanusiaan tidak dapat hanya dilakukan oleh satu lembaga saja.

Sejauh ini, BSMI yang berdiri pada 8 Juni 2002 memiliki beragam program, termasuk program unggulan seperti beasiswa bagi mahasiswa Palestina untuk bersekolah di Indonesia, kesehatan ibu dan anak, juga rumah sakit lapangan. “Sampai sekarang sumber dana BSMI masih dari sumbangan masyarakat,” cetusnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Mukernas Wizhar Syamsuri menyatakan, mukernas digelar untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dalam BSMI. Mukernas diikuti sekitar 180 orang perwakilan dan peninjau dari beberapa universitas.

“Saat ini tercatat 125 cabang BSMI tingkat kota/kabupaten dan sepuluh di tingkat provinsi,” kata dia.

Sekretaris BSMI Kota Cirebon Widiyanto menambahkan, mukernas akan diisi simposium, workshop, hingga bakti sosial.(Frans C. Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s