Tiket Kereta Api Kelas Ekonomi Tidak Disubsidi Lagi

KA siap diberangkatkan dari Stasiun Kejaksan Cirebon.
KA siap diberangkatkan dari Stasiun Kejaksan Cirebon.

(Suara Gratia)Cirebon – Tarif Kereta Api Kelas Ekonomi beberapa bulan mendatang akan mengalami penyesuaian yakni kembali pada tarif normal, karena anggaran Kementerien Perhubungan APBN mengalami perubahan.

Setelah disetujui oleh Komisi V DPR, anggaran Kementerian Perhubungan dalam APBN Perubahan 2014 mengalami pemangkasan, hal ini berdampak pada pengurangan besaran Public Service Obligation (PSO) angkutan Kereta Api kelas ekonomi bersubsidi.

Sebelumnya, tanggal 3 Maret 2014 besaran PSO adalah Rp 1.224.306.800.000. Kini setelah mengalami pengurangan sebesar Rp 352.721.107.671, maka besaran PSO untuk penumpang KA ekonomi menjadi Rp 871.585.692.329.

Manajer Humas Daop III Cirebon Gatut Sutiyatmoko mengatakan, hal ini mengakibatkan tarif untuk KA Ekonomi Jarak Jauh dan Jarak Sedang kembali ke tarif normal nonsubsiditerhitung mulai keberangkatan KA bulan September 2014 mendatang. Sedangkan untuk tarif  KA-KA Jarak Dekat/Lokal dan KRD untuk sementara belum dikembalikan ke tarif normal nonsubsidi sampai dengan 31 Desember 2014.

“Penyesuaian tarif tersebut dilakukan untuk dapat menjaga kelanjutan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat pengguna jasa KA, sehingga masyarakat tetap dapat menggunakan jasa KA sebagai pilihan moda transportasi massal yang aman, nyaman, bebas macet, dan ramah lingkungan,” terangnya.

Gatut melanjutkan, selain itu, untuk meningkatkan pelayanan dan memberikan kenyamanan dengan mengurangi antrean pembelian tiket di stasiun, mulai 1 September 2014 mendatang  PT KAI menetapkan kebijakan tarif  pemesanan/pembelian tiket di stasiun dan di channel eksternal adalah sama.

“Dengan demikian, masyarakat tidak perlu repot-repot untuk mendatangi stasiun jika ingin melakukan pemesanan/pembelian tiket KA,” tuturnya. Daftar channel eksternal yang dapat diakses masyarakat yang ingin melakukan pembelian/pemesanan tiket KA adalah, mini market/kantor, agen tiket KA resmi, website (tiket.kereta-api.co.id, tiketkai.com, tiket.com, paditrain.com), aplikasi pada ponsel, dan Payment poin Contact Center 121.(Frans C. Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s