Dishubinkom Kota Cirebon Gelar Sayembara

Kepala Dishubinkom Kota Cirebon Taufan Bharata.
Kepala Dishubinkom Kota Cirebon M Taufan Bharata.

(Suara Gratia)Cirebon – Menyusul maraknya pencurian kontaktor pada Penerangan Jalan Umum (PJU) di Kota Cirebon, Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi (Dishubinkom) Kota Cirebon mengadakan sayembara. Siapapun yang dapat menangkap dan mengungkap pelaku pencurian tersebut, akan mendapatkan hadiah. Pasalnya, sedikitnya 920 lampu pada PJU di Kota Cirebon hilang akibat pencurian 92 kontaktor.

Kepala Dishubinkom M Taufan Bharata mengatakan, aksi pencurian ini sangat merugikan, terlabih dengan matinya ratusan PJU akan mengganggu kenyamanan dan keamanan warga Kota Cirebon yang beraktifitas di malam hari. Kontaktor sendiri adalah pemutus dan penyambung arus untuk menyalakan dan mematikan lampu secara otomatis.

“Satu kontaktor kapasitasnya bisa untuk mengcover sepuluh lampu PJU,” katanya.

Taufan menyebutkan, aksi pencurian kontaktor tergolong marak, namun pihaknya tidak mengetahui motif pencurian tersebut, dan berapa kerugiannya pun enggan disebutkan. “Saya mensinyalir adanya usaha praktik sabotase,” ungkapnya.

Melihat kerugian yang sangat besar dan faktor kenyamanan dan keamanan warga sebagai taruhannya, pihaknya tidak main-main dalam mengungkap aksi pencurian kontaktor tersebut.

“Kerugian secara materil jelas ada, kami buka sayembara, kepada masyarakat yang bisa menangkap pencurinya akan diberi uang tunai sebagai imbalan yang pantas,” tuturnya.

Taufan menolak menyebut nilai imbalan dimaksud dengan alasan keamanan. Namun dia mengingatkan, sayembara tersebut pada gilirannya demi kepentingan masyarakat juga. Dengan kata lain, upaya mengatasi pencurian melalui sayembara itu, merupakan kerjasama pihaknya bersama masyarakat.

Sementara, Kapolres Cirebon Kota AKBP Dani Kustoni mengaku, pernah menerima laporan pencurian kontaktor PJU. Saat ini pihaknya sendiri masih menyelidikinya.

“Kami pernah menerima informasi itu, dan sekarang sedang diselidiki,” ujarnya.

Mengenai sayembara yang digelar Dishubinkom, pihaknya tidak mempermasalahkannya, menurut Dani hal itu merupakan hak masing-masing instansi terkait. Namun, dia memastikan akan mengusut tuntas kasus pencurian tersebut.(Frans C. Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s