Tol Palikanci Siap Dilalui Pemudik

General Manager PT Jasa Marga Cabang Palikanci, Roy Ardian Darwis (kedua dari kanan), saat memberikan keterangan kepada sejumlah awak media, Kamis 18/7.
General Manager PT Jasa Marga Cabang Palikanci, Roy Ardian Darwis (kedua dari kanan), saat memberikan keterangan kepada sejumlah awak media, Kamis 18/7.

(Suara Gratia)Cirebon – PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Cabang Palimanan-Kanci (Palikanci), memprediksi volume arus lalu lintas pada arus mudik lebaran 2014 meningkat sebesar 412,64 persen dari rata-rata volume lalu lintas kendaraan hari biasa yakni 11.259 kendaraan menjadi 57.718 kendaraan. Peningkatan jumlah kendaraan ini akan terjadi pada H-5 dan akan mencapai puncaknya pada H-3 atau Jumat 25 Juli 2014 mendatang.

Sementara, volume kendaraan arus balik diprediksi mengalami peningkatan sebesar 500,27 persen dari lalu lintas hari biasa yakni 10.023 kendaraan menjadi 60.166 kendaraan, yang akan terjadi pada H+4 atau Sabtu 02 Agustus 2014 mendatang.

Untuk mengantisipasi peningkatan volume kendaraan, General Manager PT Jasa Marga Cabang Palikanci, Roy Ardian Darwis mengatakan, pada Senin 21 Juli mendatang selama H-7 hingga H+7 akan dberlakukan sistem satu kali transaksi dengan sistem semi terbuka. “Pemberlakuan sistem ini tidak bertentangan dengan KEPMEN PU tentang penyesuaian Tariff Tol Pada Beberapa Ruas Jalan Tol,” tuturnya.

Untuk meningkatkan kapasitas tol, pihaknya akan menambah petugas pelayanan transaksi sebanyak 95 orang, selain itu untuk saat arus mudik titik pelayanan transaksi pada gerbang tol Ciperna Utama akan ditambah dari 4 menjadi 15 titik transaksi. Begitu juga sebaliknya, pada saat arus balik titik layanan transaksi pada gerbang tol Plumbon 4 akan ditambah dari 5 titik menjadi 15 titik transaksi, serta penambahan jumlah gardu operasi pada sayap bagi pemudik dari atau keluar Cirebon.

“Untuk mencegah terjadinya antrian kendaraan saat transaksi, kami akan menambah titik transaksi,” imbuhnya.

Roy memastikan, pada H-10 sampai H+10 aktivitas pekerjaan proyek diruas jalan tol akan dihentikan. Sementara, kesiapan sarana pelayanan lalu lintas 24 jam didukung dengan 3 kendaraa Patroli Jasa Marga, 4 kendaraan PJR, 2 ambulan, 1 kendaraan Rescue, 2 mobil tangki air, 5 kendaraan derek, dan 1 kendaraan Kamtib.

“Untuk menjamin keamanan kami berkoordinasi dengan aparat keamanan setempat, seperti Polisi, TNI, dan aparat desa,” ungkapnya.

Sementara, Kanit PJR AKP Maman mengatakan, untuk meningkatkan layanan keamanan di ruas jalan tol Palimanan-Kanci akan dipasang CCTV di sejumlah titik, pihaknya memprediksi volume kendaraan pada arus mudk dan balik lebaran 2014 ini meningkat sebesar 20 persen.

“Jumlah kendaraan lebaran 2014 akan meningkat 20 persen, perlu diantisipasi oleh kita bersama agar tidak terjadi kemacetan panjang,” bebernya.

Maman melanjutkan, di pintu tol Tegalkarang Palimanan Kabupaten Cirebon terdapat pengerjaan pelebaran jalan yang belum selesai, maka akan diberlakukan rekayasa lalu lintas.

“Jika terjadi penumpukan kendaraan yang signifikan, akan kami berlakukan rekayasa lalu lintas,” imbuhnya.

Untuk menjaga keamanan dan keselamatan, pihaknya mengimbau kepada pemudik untuk beristirahat di tempat yang sudah disediakan, jangan beristirahat dan memberhentikan kendaraan di sembarang tempat karena berbahaya bagi keselamatan.(Frans C. Mokalu)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s