2016, Jalan Tol Pejagan-Pemalang Siap Beroperasi

Menteri PU, Djoko Kirmanto (tengah) meresmikan pembangunan jalan tol ruas Pejagan-Pemalang di Brebes Jawa Tengah.
Menteri PU, Djoko Kirmanto (tengah) meresmikan pembangunan jalan tol ruas Pejagan-Pemalang di Brebes Jawa Tengah.

(Suara Gratia)Cirebon – Dua tahun lagi jalan tol sepanjang 57,5 km yang melintasi Brebes-Tegal-Pemalang Jawa Tengah siap dioperasikan. Rabu, 23 Juli 2014 lalu Menteri Pekerjaan Umum RI Djoko Kirmanto meresmikan Ground Breaking pembangunan seksi satu dan dua. Proyek pembangunan jalan tol yang akan selesai pada tahun 2016 mendatang, diharapkan dapat memperlancar perjalanan dari Jawa Barat ke Jawa tengah, dan dapat mendorong pembangunan ekonomi di daerah-daerah yang dilintasinya.

Menteri PU Djoko Kirmanto menyatakan, kondisi lalu lintas di jalur pantura sudah sangat padat sulit untuk melakukan pelebaran jalan karena masih banyak aktivitas penduduk di sekitar jalur tersebut, dengan pembangunan jalan tol ruas Pejagan-Pemalang yang merupakan bagian dari pembangunan jalan tol Trans Java dapat menunjang jalur pantura.

“Pembangunan jalan tol ini sudah lebih dekat dengan pembangunan jalan tol Trans Java. Tahun 2016 jalan tol ini sudah bisa dilalui kendaraan, dan dapat menunjang peningkatan ekonomi distribusi barang dan jasa di pulau Jawa,” tuturnya.

Menurutnya, saat ini jalur pantura sudah tidak bisa menampung beban kendaraan yang tiap tahunnya mengalami peningkatan, perbaikan jalan pun dirasa kurang efektif karena pertumbuhan kendaraan tidak sebanding dengan jalan.

“Dalam keadaan mulus pun jalan pantura masih rawan, kalau ingin jalur pantura agak longgar dan setiap tahun tidak diperbaiki, maka pembangunan jalan tol harus dikebut,” imbuhnya.

Djoko mengakui, pembangunan jalan tol ini bukan tanpa kendala, pasalnya sulitnya pembebasan lahan masih menjadi kendala. “Proses pembebasan lahan masih sulit, kalau ini lancar tahun 2015 pembangunan jalan tol sudah rampung,” katanya. Jalan tol yang pembangunannya menelan biaya hingga Rp 4 triliun lebih ini, akan memiliki 2 lajur kanan kiri.

Sementara, Direktur Utama PT Waskita Karya, M Choliq mengatakan, ruas jalan tol Pejagan-Pemalang pembangunannya dibagi dalam 5 seksi sepanjang 57,5 km, proses pembebasan lahan sudah mencapai 95,5 persen.

“Proyek jalan tol sangat dinantikan untuk memerlancar perjalanan dari Jawa Barat ke Jawa Tengah,” tuturnya.(Frans C. Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s