Tahun 2015 Stok Beras di Cirebon Aman

Kepala Bulog Sub Divre Cirebon, Yayat Hidayat.
Kepala Bulog Sub Divre Cirebon, Yayat Hidayat.

(Suara Gratia)Cirebon – Ketersediaan beras dijamin aman hingga tahun depan, sehingga masyarakat di wilayah Cirebon tidak perlu risau soal beras. Hal ini disampaikan Kepala Bulog Sub Divre Cirebon, Yayat Hidayat.

Ia menyatakan, hingga 9 bulan kedepan stok beras di wilayah Cirebon dipastikan aman, karena hingga kini stok bulog mencapai 54.132 ton. “Pasokan beras yang ada di gudang Bulog kini sebanyak 54.132 ton dan mencukupi hingga Mei 2015 mendatang. Itu artinya, ketersediaan beras berada pada posisi aman,” katanya.

Yayat menambahkan, hal itu disebabkan karena stok beras di tahun 2013 sangat berlimpah, hingga mampu mencukupi kebutuhan masyarakat hingga Juni 2014. “Stok tahun 2013 yang ada baru habis Juni lalu. Sehingga stok beras yang ada saat ini aman hingga sembilan bulan kedepan, atau dengan kata lain hingga Mei 2015,” imbuhnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, upaya penyerapan dari para petani pun terus dilakukan pihaknya. Yayat menyampaikan, dari target penyerapan di tahun 2014 sebanyak 132 ribu ton, kini Bulog Sub Divre Cirebon sudah mampu menyerap sekitar 66 ribu ton. “Bisa dilihat sudah 50 persen tercapai target,” katanya.

Ia melanjutkan, jika dibandingkan dengan tahun lalu, penyerapan untuk tahun ini menurun, disebabkan karena harga beli tetap, sementara produksi juga menurun. “Tapi meskipun begitu, kebutuhan akan stok beras masih bisa dipenuhi,” ujarnya.

Terkait distribusi beras miskin atau Raskin, Yayat menjelaskan, di tahun 2014 Bulog Sub Divre Cirebon harus menyalurkan raskin kepada 381.869 Rumah Tangga Sasaran (RTS). Setiap bulan, pihaknya menyalurkan sekitar 5.728 ton beras. Pihaknya sudah menyalurkan raskin untuk 10 bulan.

“Dari total target 68 ribu ton yang dialokasikan untuk raskin, saat ini kami sudah menyalurkan sebanyak 55.501 ton,” katanya.(Frans C. Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s