Selamatkan Lingkungan Pesisir Cirebon, Ratusan Pecinta Lingkungan Tanam Mangrove

Ratusan pelajar menanam mangrove di sepanjang pantai Kelurahan Panjunan Kota Cirebon.
Ratusan pelajar menanam mangrove di sepanjang pantai Kelurahan Panjunan Kota Cirebon.

(Suara Gratia)Cirebon – Ratusan siswa dari sejumlah sekolah menengah atas di Kota dan Kabupaten Cirebon, serta puluhan aktivis pecinta lingkungan turun ke pesisir, menanam ratusan pohon mangrove. Sedikitnya 500 bibit magrove di tanam di sepanjang pesisir Kelurahan Panjunan Kecamatan Lemahwungkuk Kota Cirebon, di lahan seluas lebih dari setengah hektar. Setelah menanam ratusan mangrove dilakukan juga aksi mengumpulkan sampah.

Kegiatan yang dikemas dengan tajuk “Cirebon Go Green” ini, selain menyelamatkan biota laut di sekitar pantai Cirebon juga untuk mengurangi tingkat abrasi yang semakin menggerus bibir pantai, juga untuk memperkenalkan generasi muda akan pentingnya menjaga lingkungan sekitar pesisir.

“Kami bekerja sama dengan aktivis dan komunitas pecinta lingkungan di Cirebon sekaligus mengedukasi pelajar untuk lebih peduli pada lingkungan pesisir,” kata Cecep Supriyatna Koordinator Sanggar Lingkungan Hidup Cirebon, ditemui di sela-sela penanaman mangrove di kampung nelayan Kelurahan panjunan, Jumat (5/9).

Menurutnya, selain berdampak positif bagi lingkungan kegiatan ini juga dapat memberikan edukasi secara langsung kepada pelajar untuk lebih mencintai lingkungan sejak dini.

“Selama ini kan adik-adik pelajar ini belum mengenal lingkungan dengan baik, sekarang mereka langsung action di lapangan, ini loh keadaan di lingkungan kalian,” ujarnya.

Cecep melanjutkan, kerusakan biota laut di sekitar pesisir tidak bisa dianggap remeh, karena akan berdampak langsung pada penduduk yang tinggal di sekitar pesisir.

“Abrasi di pantai cirebon cukup tinggi saya tidak tahu pastinya berapa persen, bisa dilihat langsung dengan mata kita sendiri,” tandasnya.

Salah satu peserta dari Komunitas Backpaker Cirebon, Andriane Rini mengatakan, kegiatan ini baru pertama kali di pantai Cirebon, sebelumnya kegiatan yang sama dilakukan di Kabupaten Indramayu.

“Ini yang pertama di Cirebon, kedepan kita akan cari lokasi lainnya,” tuturnya.

Menurutnya, memelihara biota sekitar pantai tidak hanya dilakukan oleh pecinta lingkungan saja, namun seluruh masyarakat dan pemerintah harus memiliki kepedulian yang tinggi untuk menjaga dan melestarikan daerah pantai.

“Kita akan menanam di tempat lainnya. Kita lihat saja di sini sampah dimana-mana, pohon mangrovenya pun cuma sedikit. Kalau pemerintah dan masyarakat sekitar peduli dengan lingkungan ini, maka pantai ini akan bersih dan indah,” katanya.(Frans C. Mokalu)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s