Pesisir Utara Jawa Diproyeksikan Jadi Zona Kreatif

Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat (kiri) dan Direktur Pengembangan Seni Pertunjukkan dan Tradisi Musik Juju Masunah (kanan) di Cirebon.

(Suara Gratia)Cirebon – Pesisir Utara Jawa memiliki seni dan budaya yang potensial. Sehingga, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan menjadikan Pantai Utara Jawa sebagai Zona Kreatif melalui “Festival Seni dan Budaya Pesisir Utara Jawa 2014”. Pagelaran ini akan diadakan pada tanggal 7 sampai 10 Otober 2014 mendatang, di Keraton Kasepuhan Cirebon.

Festival ini diikuti oleh 5 provinsi di Pesisir Utara Jawa yakni Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Berbagai kesenian dan budaya akan ditampilkan kepada masyarakat Jawa, dimana Cirebon sebagai tuan rumahnya.

Direktur Pengembangan Seni Pertunjukkan dan Tradisi Musik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Juju Masunah mengatakan, Cirebon dipilih sebagai tuan rumah karena di daerah Pesisir Utara Jawa yag memiliki Keraton adalah Cirebon. Ia melanjutkan, Keraton Kasepuhan Cirebon memiliki peran penting sebagai pengembang seni dan budaya, serta agama islam sejak abad ke-15.

“Festival ini yang pertama kalinya di Cirebon. Cirebon muncul sebagai salah satu daerah yang memiliki potensi ekonomi kreatif yang beragam,” ujarnya, saat memberikan keterangan kepada media di Bangsal Pagelaran Keraton Kasepuhan Cirebon, Sabtu (27/9).

Juju menjelaskan, kegiatan ini diikuti oleh 5 provinsi di Pulau Jawa yang akan mengelar seni dan budaya, seminar, pameran produk kreatif dan kuliner pesisir.

“Dengan 5 provinsi yang terlibat diharapkan dapat meningkatkan ekonomi di Pesisir Utara Jawa sekaligus menjadikannya daerah Zona Kreatif,” katanya.

Ditempat yang sama, Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat mengungkapkan, kegiatan ini sangat penting bagi peningkatan ekonomi di wilayah Pantai Utara, Cirebon khususnya. Karena melalui pengenalan seni dan budaya masyarakat akan terdorong menjadi pelaku industri kreatif.

“Seni budaya merupakan aset lokal yang memiliki nilai ekonomi tinggi,” tandasnya.(Frans C. Mokalu

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s