Pusat Batik trusmi Cirebon Pecahkan Rekor MURI

Stempel Raksasa Batik Trusmi.
Stempel Raksasa Batik Trusmi.

(Suara Gratia)Cirebon – Dalam rangka memperingati Hari batik Nasional Pusat Batik Trusmi Cirebon akan memecahkan rekor MURI dengan membuat Stempel Batik raksasa. Stempel batik seberat 200 kg memiliki ukuran 3m X 2m dan 30 kali lebih besar dari stempel batik biasa ini, diarak dalam Karnaval Batik hari ini (Rabu, 1/10) mengelilingi pusat-pusat keramaian di Kota Cirebon yakni, Jl. Tentara Pelajar, Jl. Cipto Mangunkusumo, Jl. Kartini, dan finish di Jl. Siliwangi.

Selain itu karnaval ini juga akan dimeriahkan dengan berbagai karya seni dan penampilan dari berbagai komunitas seperti komunitas sepeda ontel, komunitas pecinta mobil VW, barongsai, marching band, kuda lumping, dan yang tidak kalah unik adalah akan ada 100 model memakai batik motif khas Cirebon.

Owner Pusat Batik Trusmi Cirebon, Ibu Royanto mengatakan, Karnaval Batik ini digelar untuk memeriahkan hari batik nasional dan sebagai rangkaian dari Hari Ulang tahun Kota Cirebon yang ke-645 tahun.

Ia menambahkan, dalam karnaval pihaknya akan memecahkan rekor MURI dengan membuat stempel raksasa yang terbuat dari besi dan tembaga, untuk mengangkatnya pun dibutuhkan sebanyak 20 orang dewasa. Proses pembuatan stempel raksasa ini menghabiskan waktu selama dua setengah bulan.

“Yang bikin stempel ada 30 orang,” katanya.

Ia menjelaskan, stempel merupakan sebuah alat untuk membuat batik dengan cara dicetak, batik yang dihasilkannya disebut “Batik Cetak”. Dibawah permukaan stempel yang digunakan untuk mencetak terdapat sejumlah motif batik yang diinginkan, sementara pada stempel raksasa ini bermotif batik khas Cirebon yaitu Mega Mendung.

“Kami memilih motif Batik Mega Mendung, karena motif ini adalah ikon dari batik Cirebon,” terangnya.

Ibnu berharap, peringatan hari batik nasional dapat menggugah masyarakat untuk lebih mencintai batik sebagai kekayaan budaya lokal.(Frans C. Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s