Tank Leopard Mampir di Cirebon

Warga Cirebon antusias sambut kedatangan Tank Leopard.
Warga Cirebon antusias sambut kedatangan Tank Leopard.

(Suara Gratia)Cirebon – Kehadiran Tank Leopard di Kota Cirebon diserbu rubuan warga. Selain kendaraan tempur yang proses pembeliannya menua kontroversi ini, TNI juga mendatangkan tank lainnya seperti 2 unit Tank Marder dan 5 unit Tank II3, yang semuanya terparkir rapih di depan balai Kota Cirebon Jl. Siliwangi.

Warga dengan antusias bergantian menunggu giliran menaiki kendaraan lapis baja ini yang berkonvoi keliling ke Jl. Siliwangi, Jl. Selamet Riyadi (Krucuk), Jl. Wahidin, Jl. Kartini dan kembali di Jl. Siliwangi sebanyak dua kali putaran.

Sebelumnya Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) terbaru milik TNI ini mampir di Yogyakarta dengan kegiatan yang sama, setelah mengikuti puncak perayaan Hari Ulang Tahun TNI ke-69 tahun di Surabaya. Dalam perjalanan pulang ke Bandung dan Jakarta kendaraan lapis baja ini mampir di Kota Cirebon, selain untuk mengistirahatkan seluruh anggota TNI dan kendaraan pengangkut tank (Transporter), kehadiran kendaraan tempur ini juga sebagai kado istimewa HUT Kota Cirebon ke-645 yang jatuh pada tanggal 25 Oktober 2014.

Komandan Korem 063/Sunan Gunung Jati, Kolonel Arm Benny Effendy mengatakan, kehadiran Tank Leopard ini sebagai kado istimewa untuk HUT Kota Cirebon ke-645, ia memastikan walaupun berat tank ini mencapai 62 ton namun ketika turun ke jalan tidak akan merusak aspal.

“Sebelum kembali ke Jakarta dari Surabaya, kami memperkenalkan kendaraan tempur ini kepada masyarakat Kota Cirebon, sekaligus untuk memperingati HUT Kota Cirebon. Turun kejalan tidak masalah, karena beratnya terbagi di seluruh titik rantainya,” tuturnya, Senin (13/10).

Ia melanjutkan, Kota Cirebon merupakan kota terakhir yang disinggahi sebelum kembali ke Bandung dan Jakarta.

“Kita mampir di Cirebon sekalian istirahat, perjalanan dari Surabaya ke Jakarta kan jauh,” imbuhnya.

Benny menyatakan, kendaraan lapis baja seharga sekitar Rp 200 miliar ini hadir di Kota Cirebon dapat dilihat secara langsung dan dinaiki oleh masyarakat, bahkan masyarakat sipil dapat masuk ke dalam ruang kemudi Tank Leopard.

“Masyarakat boleh naik dan boleh ikut konvoi bersama Tank Leopard,” katanya.

Sementara, Wali Kota Cirebon Ano Sutrisno mengapresiasi dan berterima kasih kepada jajaran TNI karena kehadiran Tank Leopard ini bertepatan dengan rangkaian peringatan HUT Kota Cirebon ke-645.

“Pemerintah Kota Cirebon merasa bangga karena Cirebon dikunjungi TNI dengan Tank Leopardnya,” katanya.

Sementara, salah satu siswa kelas 6 SD Jadimulya Kabupaten Cirebon merasa senang bisa berfoto di depan Tank Leopard. Ia bersama kawan-kawan satu kelas jalan kaki dari sekolah yang berjarak sekitar 1 kilometer untuk melihat Tank Leopard.

“Dari sekolah kita jalan kaki ke Balai Kota mau liat mobil tank,” katanya.

Sama halnya dengan Fachri salah satu siswa kelas 8 SMPN 1 Kota Cirebon yang sengaja datang setelah pulang sekolah, ingin melihat dan naik Tank Leopard.

“Saya udah janjian sama teman-teman, pulang sekolah ke Balai Kota mau lihat dan naik tank baja,” ujarnya.(Frans C. Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s