Festival Kuliner HUT Kota Cirebon Diserbu Warga

Ratusan warga memadati festival kuliner khas Cirebon.
Ratusan warga memadati festival kuliner khas Cirebon.

(Suara Gratia)Cirebon – Ratusan warga Kota Cirebon dan sekitarnya, menyerbu festival kuliner yang digelar di halaman sisi kanan gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cirebon Jl. Siliwangi. Kegiatan ini merupakan salah satu dari rangkaian acara hari ulang tahun Kota Cirebon ke-645 yang bersamaan dengan Tahun Baru 1436 Hijriyah, Sabtu (25/10).
Sebanyak 3.750 porsi makanan khas Cirebon dihidangkan secara gratis untuk masyarakat. Diantaranya adalah, empal gentong, sega jamblang, mie koclok, bakso, sate ayam, ketoprak, es cendol, dan lainnya. Ribuan porsi makanan ini, disediakan oleh seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Cirebon untuk masyarakat sebagai wujud syukur atas Hari Jadi Kota Cirebon ke-645.
Salah satu warga Pesisir Utara Kota Cirebon, Warja (42 tahun) yang datang bersama istri dan dua orang anaknya, memanfaatkan momen istimewa ini untuk berwisata kuliner.
“Makananya enak-enak. Tadi udah makan sega jamblang dan empal gentong. Saya ajak anak dan istri supaya bisa makan bersama,” katanya.
Warja mengaku, festival kuliner makanan khas Cirebon merupakan kegiatan yang ditunggu-tunggu masyarakat. Walaupun harus antri berlama-lama untuk mendapatkan makanan, menurutnya, hal itu tidak menjadi masalah karena semua orang yang datang juga antri.
“Orangnya banyak sekali, antrinya juga lama. Tapi gak apa-apa, semua juga antri,” tuturnya.
Sama halnya dengan Nining (35 tahun) warga Kelurahan Kesenden Kota Cirebon yang datang bersama dua orang temannya. Sesampainya di halaman DPRD mereka langsung antri di depan stand penjual bakso.
“Abis makan bakso, saya mau nyobain mie koclok,” ujarnya.
Ia mengaku, festival kuliner ini dapat membantu menghemat pengeluarannya dalam satu hari.
“Lumayan bisa menghemat pengeluaran. Acaranya pas pertengahan bulan kebetulan belum gajian,” katanya
Sementara, Wali Kota Cirebon Ano Sutrisno menyatakan, fetsival kuliner rakyat makanan khas Cirebon ini diadakan di halaman gedung DPRD, karena di tempat yang sama tengah berlangsung Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka HUT Kota Cirebon ke-645, di ruang Griya Sawala.
“Masyarakat dapat menikmati makanan khas Cirebon secara gratis, sekaligus bisa melihat dan mengawasi jalannya rapat,” terangnya.
Ano berharap, di hari jadinya yang ke-645 Kota Cirebon menjadi daerah yang berkembang di Jawa Barat, menjadi tujuan wisata nasional dan internasional.
“Kota Cirebon memiliki potensi yang luar biasa di bidang pariwista, kuliner, dan budaya. Infrastrukturnya cukup baik,” tandasnya.(Frans C. Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s