OJK Luncurkan Layanan Keuangan Mikro

Caption : "Direktur Literasi dan Edukasi Keuangan OJK Agus Sugiarto (kiri), Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D. Hadad (tengah), dan Menko Bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo (kanan) di Karangsong Kabupaten Indramayu".
Direktur Literasi dan Edukasi Keuangan OJK Agus Sugiarto (kiri), Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D. Hadad (tengah), dan Menko Bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo (kanan) di Karangsong Kabupaten Indramayu.

(Suara Gratia)Cirebon – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Lembaga Jasa Keuangan (LJK) pada Kamis (18/12), meluncurkan “Layanan Keuangan Mikro” di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di desa Karangsong, Indramayu Jawa Barat. Tempat ini dipilih karena Karangsong merupakan sebuah desa dengan jumlah nelayan terbesar di Pantura Jawa Barat.
Kegiatan peluncuran “Layanan Keuangan Mikro” ini merupakan rangkaian dari kegiatan Pasar Keuangan Rakyat yang akan digelar di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta pada tanggal 20-21 Desember mendatang.
Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya OJK dalam mendorong industri keuangan untuk memiliki layanan mikro untuk rakyat kecil.
“Ini bentuk kongkrit dari komitmen OJK dan Industri Jasa Keuangan untuk mendukung program nasional, khususnya untuk sektor maritim, pertanian, serta pemberdayaan masyarakat kecil dan UMKM, melalui peningkatan literasi dan inklusi keuangan,” ujarnya, ketika ditemui seusai meninjau miniatur Pasar Rakyat di Desa Karangsong.
Anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Kusumaningtuti S Setiono menambahkan, kegiatan ini dirancang OJK bersama industri jasa keuangan dengan tujuan untuk peningkatan literasi keuangan masyarakat dalam pemanfaatan produk dan jasa keuangan.
“Diharapkan dengan acara ini bisa untuk meningkatkan pengenalan dan pemahaman masyarakat mengenai produk dan jasa keuangan serta mendorong masyarakat untuk memanfaatkan produk dan jasa keuangan sesuai dengan kebutuhan mereka,” katanya.
Dalam kegiatan yang berlangsung sederhana dan dihadiri sekitar 1.500 masyarakat Desa Karangsong dan sekitarnya itu, dilakukan penyerahan secara simbolik produk layanan keuangan mikro dari Lembaga Jasa Keuangan kepada wakil masyarakat.
Selain itu, di tempat yang sama dibuat miniatur Pasar Keuangan Rakyat, yang terdiri dari kios-kios sederhana tempat Lembaga Jasa Keuangan menawarkan layanan keuangan mikronya.
Di dalamnya digelar berbagai produk Layanan Keuangan Mikro diantaranya adalah, tabungan tanpa biaya administrasi, asuransi mikro yang nilai preminya di bawah Rp 50.000, reksa dana mikro yang nilai awal investasinya sebesar Rp 100.000 dan pembiayaan investasi logam mulia dengan cicilan ringan.
Sementara itu, survei nasional literasi keuangan yang dilakukan OJK pada 2013 menunjukkan hanya 21,84% atau seperlima dari penduduk Indonesia yang berjumlah 250 juta jiwa sudah terkategori well literate.
Sebanyak 59,74% penduduk Indonesia telah menggunakan produk dan jasa keuangan. Penggunaan produk dan jasa keuangan masyarakat tertinggi adalah di sektor perbankan, yakni 57,28%, dan selanjutnya diikuti asuransi 11,81%, pembiayaan 6,33%, pegadaian 5,04%, dana pensiun 1,53%, dan pasar modal 0,11%.
Masyarakat golongan menengah ke bawah merupakan kelompok masyarakat yang belum banyak memanfaatkan dan memperoleh akses produk dan jasa keuangan.
Hasil survei OJK juga menunjukkan bahwa semakin rendah strata sosial masyarakat maka semakin rendah pula tintgkat literasinya. Masyarakat dengan strata sosial terbawah memiliki Indeks Literasi Keuangan yang paling rendah, yaitu 28,4% sementara kelompok masyarakat teratas memiliki indeks literasi 51,6%.(Frans C. Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s