PT KAI Siap Sukseskan Angkutan Natal dan Tahun Baru

Vice President PT KAI Daop III Cirebon Apriyono menyematkan badge saat upacara persiapan angkutan natal dan tahun baru 2015 di Stasiun Besar Cirebon.
Vice President PT KAI Daop III Cirebon Apriyono menyematkan badge saat upacara persiapan angkutan natal dan tahun baru 2015 di Stasiun Besar Cirebon.

(Suara Gratia)Cirebon – PT KAI telah sukses menyelenggarakan angkutan Natal 2013 & Tahun Baru 2014 lalu dengan zero accident dan kelancaran operasional kereta api secara umum. Mengulang kesuksesan penyelenggaraan angkutan Natal & Tahun Baru lalu, tahun ini PT KAI ingin kembali mengulang kesuksesan tersebut.
Untuk itu, direksi beserta jajaran manajemen PT KAI pada Kamis – Sabtu (11 – 13/12) mengadakan inspeksi ke seluruh lintas, dimulai dari Gambir – Cirebon – Semarang Tawang – Surabaya Pasar Turi, Surabaya Gubeng – Jember – Mojokerto – Madiun, dan dilanjutkan ke Madiun – Yogya – Kroya – Bandung untuk mengecek kesiapan setiap aspek dalam  operasional kereta api.
Menurut reales yang kami terima dari PT KAI, untuk mendukung kesuksesan penyelenggaran angkutan Natal 2014 & Tahun Baru 2015 yang bersamaan dengan datangnya musim penghujan, PT KAI mengantisipasinya dengan menyiagakan Alat Material Untuk Siaga (AMUS) di titik-titik yang dianggap rawan. Penjagaan intensif di daerah-daerah rawan tersebut pun diberlakukan dengan menerjunkan petugas Petugas Pemeriksa Jalan (PPJ) ekstra untuk menjaga daerah-daerah tersebut selama 24 jam.
”Keselamatan harus jadi yang utama,” ujar Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro, di sela-sela inspeksinya di lintas Surabaya Gubeng – Jember – Mojokerto – Madiun, Jumat (19/12).
Edi Sukmoro juga menekankan agar setiap insan PT KAI meningkatkan kewaspadaan dan kesigapan khususnya dalam pelaksanaan angkutan Natal 2014 dan Tahun Baru 2015 ini.
Dari hasil inspeksi jajaran manajemen PT KAI selama 3 hari ke seluruh lintas, Edi menyatakan, tahun ini PT KAI siap mengulang kesuksesan pelaksanaan angkutan Natal & Tahun Baru seperti tahun sebelumnya.
“Sepanjang lintasan KA dari Jawa hingga Sumatera seratus persen siap menjalankan operasi angkutan Natal & Tahun Baru kali ini,” ujarnya.
Ia menjelaskan, sebanyak 411 unit lokomotif, yang terdiri dari 371 lokomotif dinas dan 40 cadangan, 1516 unit kereta yang terdiri dari 1364 stamformasi dan 152 kereta cadangan pun disiagakan untuk mendukung kelancaran operasional KA pada masa liburan akhir tahun ini.
Selain itu, aspek pelayanan pun tidak luput dari pengecekan. Di mulai dari loket di stasiun, customer service, ruang tunggu, kebersihan stasiun, hingga fasilitas-fasilitas pendukung yang ada di stasiun.
“Kita harus memberikan pelayanan yang terbaik kepada penumpang KA. Semua fasilitas yang ada di stasiun maupun di dalam kereta harus berfungsi dengan baik, dan jangan pernah lelah untuk terus melayani”, ujarnya.
Sementara, Vice President PT KAI Daop III Cirebon, Apriyono mengimbau, kepada calon penumpang untuk membawa ID card yang sesuai dengan yang tercetak di tiket dan segera mencetak tiket yang telah dipesan melalui mesin cetak tiket mandiri (CTM) yang tersedia di stasiun. Menurutnya, hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya antrian panjang pencetakan tiket yang sering terjadi sesaat sebelum keberangkatan KA dan menghindari pudar/hilangnya tulisan pada struk pembayaran tiket.
“Penumpang KA jangan lupa membawa KTP untuk boarding pass,” katanya, ditemui setelah menggelar upacara persiapan angkutan natal dan tahun baru 2015 di Stasiun Besar Cirebon, Jumat (19/12).(Frans C. Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s