Pengamanan Malam Tahun Baru, Polres Ciko Kerahkan Kekuatan Penuh

Kapolres Cirebon Kota, AKBP Dani Kustoni.
Kapolres Cirebon Kota, AKBP Dani Kustoni.

(Suara Gratia)Cirebon – Kepolisian Resort Cirebon Kota (Ciko) menerjunkan kekuatan penuh personelnya untuk melakukan pengamanan perayaan Tahun Baru 2015.

Kapolres Cirebon Kota Dani Kustoni, menyatakan, akan menerjunkan sebanyak 585 personel termasuk Brimob, untuk melakukan pengamanan malam perayaan pergantian tahun di wilayah hukum Polres Cirebon Kota.

Karena pihaknya, tidak mau kecolongan dalam pengamanan, mengingat Kota Cirebon merupakan tempat tujuan utama masyarakat di wilayah Cirebon dalam merayakan malam tahun baru.

“Kami tidak akan berspekulasi dalam melakukan pengamanan perayaan pergantian tahun. Malam pergantian tahun nanti, Kota Cirebon akan dikunjungi masyarakat dari wilayah III Cirebon, yaitu Kabupaten Cirebon, Kuningan, Indramayu, dan Majalengka. Oleh karena itu, kami mengerahkan kekuatan penuh,” katanya, saat ditemui di Mapolsekta Cirebon Utara Barat Selasa (30/12/2014) lalu.

Menurutnya, konsentrasi massa akan terjadi di beberapa titik di jalan-jalan utama di Kota Cirebon seperti di Jl. Kartini, Jl. Siliwangi, Jl. Ciptomangunkusumo, dan Jl. Tuparev.

Selain itu, pihaknya juga akan mengamankan sejumlah kegiatan yang diselenggarakan bertepatan dengan pergantian tahun baru baik yang diadakan oleh Pemerintah maupun tempat-tempat hiburan.

Ia melanjutkan, dari hasil rapat koordinasi dengan dinas terkait, memutuskan tidak akan memberlakukan sistem buka tutup.
Pengaturan lalu, hanya dilakukan melalui rekayasa lalu lintas yang dilakukan sesuai dengan situasi dan kondisi.

“Pemberlakuan rekayasa lalu lintas situasional,” tandasnya.

Pengalihan arus lalu lintas akan dilakukan di titik-titik yang menjadi akses masuk ke Kota Cirebon seperti, Jl. Tuparev, Jl. Raya Gunung Jati, Jl. Kali Jaga, dan Jl. Pemuda.

Selain rekayasa lalu lintas, untuk memusatkan titik kumpul massa, perayaan pergantian tahun akan dipusatkan di alun alun Kejaksan.

“Kebetulan Mesjid Raya Atakwa yang berlokasi di depan Alun-alun Kejaksan menggelar acara tablig akbar yang rutin digelar setiap tahun baru. Dan di tempat wisata Goa Sunyaragi akan digelar Panggung

Budaya. Sementara, untuk perayaan tahun baru di hotel dan tempat hiburan malam setidaknya ada 16 titik,” katanya.

Dani berharap warga untuk merayakan tahun baru di rumah masing-masing.

“Himbauan ini sifatnya tidak memaksa,” katanya. (Frans C. Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s