Pembuatan Embung di Kota Cirebon Terkendala Dana

Ilustrasi.
Ilustrasi.

(Suara Gratia)Cirebon – Banjir bakal menjadi ancaman yang akan selalu menghantui warga Kota Cirebon. Apalagi sejumlah upaya mengatasi banjir, bakal tidak bisa direalisasikan dalam waktu dekat ini. Upaya mengatasi banjir, diantaranya rencana pembuatan embung yang direncanakan tahun ini, dipastikan tertunda lagi.

Soalnya, pengajuan dana pembebasan lahan untuk pembuatan embung di Kelurahan Larangan, akhirnya dicoret kembali.

Menurut informasi, pencoretan justru dilakukan oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah. Pasalnya, anggaran yang disetujui oleh dewan saat pembahasan di tingkat komisi, hanya separuh dari pengajuan, yakni sebesar Rp 2 miliar.

Padahal dalam beberapa kali kesemptan Wali Kota Cirebon Ano Sutrisno mengungkapkan, soal pentingnya Kota Cirebon memiliki embung atau situ.

Keberadaan situ dipastikan bakal memberikan multi manfaat. Bukan hanya bisa menjadi salah satu solusi menangani banjir, tetapi juga bisa menjadi salah satu sumber air baku. Belum lagi manfaat positif bagi lingkungan sekitar.

Menurut anggota badan anggaran (Banggar) DPRD Kota Cirebon, Dani Mardani, pihaknya tidak pernah mencoret anggaran pengajuan pembebasan lahan.

“Yang mencoret pengajuan anggaran pembebasan lahan malah TAPD,” katanya Selasa (20/1/2015).

Ia mengaku, saat pembahasan di tingkat komisi, tidak semua pengajuan anggaran pembebasan lahan disetujui.

“Memang anggaran pembebasan lahan yang disetujui hanya Rp 2 miliar,” imbuhnya.

Sekretaris Daerah Kota Cirebon Asep Dedi, mengatakan, pencoretan anggaran pengajuan pembebasan lahan untuk embung, karena pihaknya memperkirakan dengan dana Rp 2 miliar pembebasan lahan tidak akan tuntas.

“Makanya di perubahan APBD 2015 akan dianggarkan kembali sesuai dengan kebutuhan, agar kegiatan pembebasan lahan bisa tuntas,” jelasnya

Asep melanjutkan, pertimbangan lainnya adalah, turunnya Dana Alokasi Umum yang diterima Pemkot Cirebon pada tahun 2015 ini turun Rp 6 miliar.

“Lebih baik anggaran Rp 2 miliar itu untuk kegiatan lain yang terpaksa ditangguhkan karena berkurangnya alokasi DAU,” katanya.(Frans C. Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s