TNI Cirebon Dukung Program Ketahanan Pangan

Dandim 0620/Kabupaten Cirebon, Letkol. Inf Aliyatin Mahmudi.
Dandim 0620/Kabupaten Cirebon, Letkol. Inf Aliyatin Mahmudi.

(Suara Gratia)Cirebon – Jajaran TNI akan mendukung program pemerintah mewujudkan ketahanan pangan. Komando Distrik Militer (Kodim) 0620/Kabupaten Cirebon pun akan mengerahkan seluruh jajaran Bintara Pembina Desa (Babinsa) untuk mendukung program tersebut.

Dandim 0620/Kabupaten Cirebon, Letkol. Inf Aliyatin Mahmudi, menyatakan, program pertama yang akan dijalankan setelah dilantik menjadi Dandim adalah mendukung pemerintah mewujudkan ketahanan pangan khususnya di wilayah Kabupaten Cirebon.

“Sebagai Dandim yang baru, mengawali kegiatan program di tahun 2015 ini kami akan mendukung program-program pemerintah, yaitu mendukung program ketahanan pangan,” katanya, ditemui usai acara Lepas Sambut Dandim 0620/Kabupaten Cirebon dari Letkol Arm. Loebis M. Hasbi kepada Letkol Inf. Aliyatin Mahmudi, di Makorem 063/Sunan Gunung Jati, Rabu (21/1).

Pria yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan Sekolah Calon Bintara Kodam V Brawijaya ini mengungkapkan, pihaknya akan mengerahkan seluruh Babinsa yang ada di wilayah Kabupaten untuk mendukung program ketahanan pangan.

“Kami akan mengoptimalkan peran serta ke-424 orang Babinsa yang tersebar di seluruh wilayah Kodim 0620/Kabupaten Cirebon untuk melakukan pendampingan kepada para petani,” imbuhnya.

Ali melanjutkan, TNI akan terjun langsung ke desa-desa untuk mencari permasalahan yang terjadi di lapangan sehingga mendapat solusi yang terbaik.

“Kami akan sekuat tenaga mengerahkan seluruh kemampuan yang ada untuk mencapai target ketahanan pangan setinggi-tingginya,” katanya.

Sementara, mantan Dandim 0620/Kabupaten Cirebon Letkol Arm Loebis M. Hasbi, mengatakan, tahun 2015 ini TNI Angkatan Darat khususnya satuan komando kewilayahan sesuai intsruksi Presiden RI, memiliki komitmen untuk mendukung ketahanan pangan yang ditargetkan terwujud pada 17 Agustus 2017 mendatang.

“Pekerjaan rumah yang harus dilaksanakan untuk Dandim yang baru adalah mendukung ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Cirebon,” katanya.

Hasbi, yang selanjutnya menjabat sebagai Wakil Asisten Logistik Kasdam III Siliwangi, menjelaskan, tugas TNI dalam mewujudkan program ketahanan pangan adalah para Babinsa akan mendampingi kelompok-kelompok tani, mendampingi para penyuluh, memberikan motivator, sekaligus menjadi sumber informasi kepada Presiden RI mengenai progres dan permasalahan yang terjadi di lapangan.

“Keterlibatan TNI di dunia pertanian bukanlah hal baru, jadi kita ini akan mengulang kesuksesan pemerintah dalam swasembada pangan yang pernah terjadi beberapa puluh tahun lalu,” ujar mantan Dandim yang bertugas selama kurang lebih 1 tahun empat bulan di Kabupaten Cirebon ini.(Frans C. Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s