PNS Kota Cirebon, Gajian Jumat ini

Wakil Wali Kota Cirebon, Nasrudin Azis.
Wakil Wali Kota Cirebon, Nasrudin Azis.

(Suara Gratia)Cirebon – Wakil Wali Kota Cirebon Nasrudin Azis meminta maaf kepada seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun honorer di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon atas keterlambatan gaji Februari ini. Pasalnya, gaji sekitar 7.000 Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan tenaga honorer tidak bisa dibayarkan tepat waktu karena pelimpahan wewenang dari Wali Kota kepada Wakil Wali Kota baru dilakukan Senin (2/2) lalu. Anggaran untuk membayarkan gaji dan tunjangan sekitar 6.300 PNS, 700 tenaga honorer, serta 35 anggota dewan, untuk Februari sendiri diketahui sekitar Rp 30 miliar.

Menurut Nasrudin Azis, pemkot belum sempat meminta maaf dan memberitahu perihal keterlambatan gaji. Alasannya, kepanikan melanda dirinya dan jajarannya sebelum pelimpahan tugas dan wewenang Wali Kota diberikan Gubernur Jawa Barat.

Azis mengakui, kejadian ini merupakan yang pertama dalam sejarah pemerintahan di Indonesia. Dia pun memastikan, gaji akan dibagikan Jumat (6/2) ini, bukan hanya bagi PNS dan honorer, gaji anggota DPRD Kota Cirebon pun akan dibagikan.

“Sebelumnya kami akan lantik dulu pejabat eselon III dan IV. Setelah itu ada juru bayar atau bendahara untuk masing-masing OPD maupun untuk pemkot (Bendahara Umum Daerah) yang akan bertugas dalam hal pengalokasian anggaran, termasuk pemberian gaji,” katanya, ditemui di Balai Kota Cirebon, Rabu (5/2).

Azis melanjutkan, setelah pelimpahan kewenangan dari gubernur, dirinya tetaplah Wakil Wali Kota dan bukannya pelaksana teknis (Plt) Wali Kota. Berdasar keputusan gubernur, ia hanya pengemban tugas dan wewenang Wali Kota Cirebon Ano Sutrisno selama kepala daerah tersebut masih sakit.

“Saya tetap harus melaporkan apa yang dijalankan kepada wali kota. Untuk menjalankan tugas dan wewenang ini, saya dapat backup dari gubernur dan Mendagri,” ujarnya.(Frans C. Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s