TNI : “Ketahanan Pangan Sama Dengan Ketahanan Bangsa”

Upacara 17-an di lapangan Makorem 063/Sunan Gunung Jati Crebon.
Upacara 17-an di lapangan Makorem 063/Sunan Gunung Jati Cirebon.

(Suara Gratia)Cirebon – Pangan merupakan salah satu komoditas yang sangat penting dan strategis karena merupakan kebutuhan pokok yang dibutuhkan sehari-hari, hal ini disampaikan Komandan Korem 063/SGJ Kolonel Inf Sutjipto saat membacakan Amanat Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jendral TNI Gatot Nurmantyo pada Upacara 17-san di lapangan upacara Makorem 063/SGJ Jl.Brigjend Dharsono by pass Cirebon, Selasa (17/2).
Dalam amanat tersebut juga disampaikan bahwa, bertambahnya jumlah penduduk maka berakibat akan meningkatkan kebutuhan pangan secara tajam.
“Beralihnya lahan pertanian sebagai sumber tanaman pangan menjadi lahan industri maka akan mengurangi ketersediaan lahan,” katahya.
Bahkan lanjutnya, Negara kita yang merupakan Negara agraris telah beralih menjadi Negara industri sehingga akan menjadi Negara yang bergantung pada Negara-Negara Industri lainya.
“Pada kondisi demikian maka akan mudah Negara kita untuk dihancurkan karena hanya dengan menerapkan embargo pada Negara industri yang sudah tidak memiliki sumber pangan tersebut maka ketahanan ekonomi dan panganya menjadi rapuh,” imbuhnya.
Menurutnya, apabila kondisi ketahanan ekonomi dan pangan sudah hancur, maka ketahanan nasional akan rapuh. Apabila ketahanan nasional rapuh, maka kehancuran akan melanda bangsa dan negara.
KASAD menambahkan bahwa dalam rangka menciptakan ketahanan Nasional dan dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan maka TNI AD telah melaksanakan berbagai bentuk kerjasama dengan kementerian dan instansi terkait dalam rangka mendukung kebijakan Pemerintah dalam mencapai swasembada pangan.(Frans C. Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s