Daop III Cirebon Luncurkan KA Berfasilitas Hotel Mewah

Suasana interior KA Cirebon Ekspres baru layaknya hotel berjalan
Suasana interior KA Cirebon Ekspres baru, layaknya hotel berjalan

(Suara Gratia)Cirebon – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi III Cirebon melakukan peluncruan perdana 1 train set Kereta Api Cirebon Ekspres relasi Cirebon – Gambir (PP), Rabu (18/2). KA ini merupakan rangkaian KA baru hasil modifikasi (Retrofit) yang fasilitasnya jauh berbeda dengan KA Cirebon Ekspres biasa. Rangkaian KA ini terdiri dari 5 kereta kelas eksekutif dan 2 kereta kelas bisnis.

Manajer Komersial PT KAI, Bambang Eko Martono mengatakan, penggantian rangkaian KA Cirebon Ekspres dengan kereta api yang telah dimodifikasi ini bertujuan untuk memanjakan penumpang KA, dengan tambahan fasilitas di dalamnya, sehingga memiliki kesan lebih mewah dan nyaman layaknya hotel berjalan.

“Fasilitas KA baru ini diantaranya adalah desain interior bernuansa minimalis, setiap gerbong dilengkapi LED TV 32 inchi, wifi, CCTV, konsep interior menampilkan seni lukisan kaca, heritage batik khas Cirebon, dan fasilitas mewah lainnya,” terangnya, Rabu (18/2).

Bambang melanjutkan, meskipun fasilitas KA Cirebon Ekspres ditingkatkan layaknya hotel mewah namun pihaknya belum ada rencana untuk menaikkan harga tiket, dan jadwal pemberangkatannya pun tidak ada perubahan.

“Jadwal keberangkatan dan harga tiket tidak ada perubahan, kita masih pakai yang lama,” katanya.

Ia menjelaskan, secara bertahap seluruh rangkaian KA Cirebon Ekspres akan diganti dengan rangkaian yang baru yaitu pada tahap pertama diluncurkan 1 train set rangkaian KA Cirebon Ekspres terlebih dahulu dengan tema “You’ll Never Forget”, tahap kedua akan diluncurkan train set ke-2 dengan tema “You’ll Be Happy”, dan terakhir akan diluncurkan train set ke-3 dengan tema “Step Move On”. Dimana, setiap KA tersebut memiliki desain yang berbeda-beda, sehingga penumpang akan memiliki kesan tersendiri ketika menaiki KA Cirebon Ekspres rangkaian yang baru.

“Dengan adanya pembaharuan rangkaian KA Cirebon Ekspres ini, diharapkan akan semakin menambah antusiasme pengguna jasa KA, terutama dari Cirebon menuju Jakarta maupun sebaliknya,” katanya.

Sementara, salah satu penumpang asal Perumahan Kepompongan Kabupaten Cirebon, Nunung (63 tahun) merasa terkejut, karena KA yang dinaikinya terasa sangat berbeda dari biasanya, bahkan untuk memastikan bahwa kereta yang ditumpanginya ini benar-benar KA Cirebon Ekspres ia pun bertanya kepada petugas.

“Pak, ini benar Kereta Cirebon Ekpspres?,” katanya.

Nunung mengaku, paling tidak dua kali dalam satu bulan dirinya pergi ke Jakarta menggunakan KA Cirebon Ekspres kelas eksekutif, oleh karenanya ia hapal betul fasilitas yang ada di dalam kereta ini.

“Dalam satu bulan bisa dua kali saya ke Jakarta untuk menjenguk anak saya yang kuliah disana,” tuturnya.(Frans C. Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s