Pelindo II Cirebon Perkenalkan Dunia Maritim Pada Anak SD

100 murid SD dari 5 sekolah di Kota Cirebon mengikuti kegiatan Field Trip "I LOVE MARITIM I LOVE PELABUHAN CIREBON"
100 murid SD dari 5 sekolah di Kota Cirebon mengikuti kegiatan Field Trip “I LOVE MARITIM I LOVE PELABUHAN CIREBON”

(Suara Gratia)Cirebon – Sebanyak 100 murid kelas 5 dari 5 Sekolah Dasar (SD) di Kota Cirebon, mengikuti Field Trip di Pelindo II Cirebon, Senin 27/4. Field Trip merupakan pengenalan Pelabuhan kepada anak-anak usia dini, sejumlah fasilitas dan sarana yang ada di Pelabuhan diperkenalkan kepada anak-anak, mulai dari jenis-jenis kapal yang bersandar, perlengkapan bongkar muat hingga fungsi pelabuhan itu sendiri.

General Manager PT Pelindo II Cirebon, Hudadi Soerja Djanegara mengatakan, pihaknya mengundang anak-anak usia dini untuk lebih mengenal dunia maritim khususnya Pelabuhan Cirebon.
“Program ini merupakan salah satu langkah kami untuk memperkenalkan potensi pelabuhan dan menciptaan generasi muda yang mencintai bahari. Karena kekayaan laut di Indonesia sangat melimpah, jangan sampai kekayaan bahari kita ini diklaim negara lain,” ungkapnya.
Hudadi menjelaskan, anak-anak SD ini diperkenalkan secara rinci mengenai apa saja yang ada di Pelabuhan Cirebon, mulai dari jenis kapal, perlengkapan bongkar muat, komoditas yang keluar masuk di pelabuhan, dan lainnya.
“Anak-anak kami ajak berkeliling Pelabuhan, mereka melihat secara langsung apa saja yang ada di Pelabuhan Cirebon,” kataya.
Menurutnya, anak-anak sangat antusias ketika melihat area Pelabuhan Cirebon, karena ini merupakan kunjungan pertama mereka. Selama ini, yang mereka tahu Pelabuhan hanya sebagai tempat berlabuhnya kapal-kapal.
“Selama kami menyampaikan materi anak-anak mengikuti dengan antusias, bahkan mereka banyak bertanya mengenai pelabuhan ini. Saya sangat senang, karena selama berkeliling di dalam bus mereka tidak pernah duduk, mereka berdiri untuk melihat pelabuhan lebih jelas lagi,” tuturnya.
Sementara, salah satu peserta Field Trip dengan tema “I LOVE MARITIM I LOVE PELABUHAN CIREBON” dari SD Muhammadiyah Kota Cirebon, Anisa merasa senang, karena dengan mengikuti kegiatan ini ia dapat mengetahui berbagai fasilitas di Pelabuhan Cirebon.
“Tadi dijelaskan di pelabuhan ada kapal tongkang, kapal feri, dan kapal roro,” katanya.
Ketua Panitia Field Trip, Bejo Waluyo menambahkan, sebanyak 100 murid SD mengikuti kegiatan ini yang berasal dari 5 sekolah yaitu SD Santa Maria, SD Al-Irsyad, SD Pesisir Baru, SD Pesisir Lama, dan SD Muhammadiyah Kota Cirebon.
“Ini merupakan kegiatan pertama kami, kedepan akan bergiliran. Sehingga seluruh anak-anak dapat mengenal dan mencintai dunia maritim,” katanya.(Frans C. Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s