Danrem 063/SGJ Dukung Pembangunan, Asalkan Tidak Mempengaruhi Ketahanan Pangan

Danrem 063/SGJ Kolonel Inf. Sutjipto (kiri) memimpin upacara serah terima Dandim 0617/Majalengka.
Danrem 063/SGJ Kolonel Inf. Sutjipto (kiri) memimpin upacara serah terima Dandim 0617/Majalengka.

(Suara Gratia)Crebon – Komandan Korem 063/Sunan Gunungjati Kolonel Inf. Sutjipto menyatakan dukungannnya terhdap pembangunan di Wilayah III Cirebon (Kota/Kabupaten Cirebon, Majalengka, Kuningan, dan Indramayu). Asalkan, tidak mempengaruhi atau merusak program ketahanan pangan.

Pasalnya di Kabupaten Majalengka dan Cirebon tengah dibangun dua proyek besar yaitu pembangunan jalan tol Cikampek – Palimanan (Cikapali) dan Bandara Internasional Kertajati. Dua pembangunan sarana tersebut memakan lahan yang sangat luas, sehingga areal pemukiman warga dan lahan pertanian pun berubah fungsi menjadi jalan tol dan bandara.
Sutjipto menyatakan, pihaknya tidak bisa memutuskan lahan mana saja yang boleh dibangun atau tidak, mengenai pembangunan yang banyak mengorbankan lahan pertanian ia menyerahkan sepenuhnya kepada pemerintah daerah.
“Itu kewenangan ada di pemerintah daerah,” ujarnya, seusai memimpin serah terima jabatan Dandim 0617/Majalengka di Markas Korem 063/SGJ Jl. Brigjen. Dharsono Cirebon, Selasa 27/4.
Menurutnya, pemda memiliki pemetaanya sendiri terhadap pembangunan didaerahnya.
“Mengenai pembangunan bandara dan jalan tol di Majalengka, saya yakin pemda memiliki pertimbangan dan pemetaan yang matang, mana yang lahan hijau dan mana yang bukan. Karena mereka juga memiliki skala prioritas,” katanya.
Sutjipto menyatakan, dalam hal ini pihaknya hanya sebagai mediasi dan hanya dapat menganjurkan pembangunan di daerah, tidak mengganggu program ketahanan pangan.
“Kami sebagai mediasi, kami juga mendukung pembangunan di daerah. Karena kami berharap Indonesia tidak mengimpor beras,” imbuhnya.
Ia menjelaskan, pembangunan yang merubah fungsi lahan pertanian otomatis akan mengurangi produktifitas padi, namun hal ini tidak akan menganggu program ketahanan pangan karena produk pangan tidak hanya padi.
“Produk pangan tidak hanya padi saja, masih ada yang lainnya seperti jagung, singkong, dan ubi,” tutupnya.
Sementara, dalam sertijab tersebut jabatan Dandim 0617/Majalengka dari Letkol Inf. Togu Parmonangan diserahkan kepada Letkol Inf. Priandy.(Frans C. Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s