Kota Cirebon Kini Punya Taman Kota

Wali Kota Cirebon, Nasrudin Azis (ke empat dari kiri) saat meresmikan Taman Krucuk.
Wali Kota Cirebon, Nasrudin Azis (ke empat dari kiri) saat meresmikan Taman Krucuk.

(Suara Gratia)Cirebon – Kini Kota Cirebon punya Taman Kota yakni Taman Krucuk yang terletak di perempatan Jl. Selamet Riyadi (Krucuk). Kepastian ini didapat, setelah Wali Kota Cirebon Nasrudin Azis secara langsung meresmikan penggunannya untuk umum.

Sebelumnya kurang lebih empat tahun lamanya, setelah Taman Krucuk rampung dibangun tidak ada aktifitas warga di tempat ini, karena Pemerintah Provinsi Jawa Barat belum menyerahkannya kepada Pemkot Cirebon. Sehingga tempat ini dibiarkan kosong tidak terurus bahkan kerap dijadikan tempat mesum para muda-mudi dan banyak coretan tangan jahil pada di setiap dindingnya.
Taman Krucuk sendiri selain difungsikan untuk Ruang Terbuka Hijau, juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana olah raga, rekreasi, pertunjukkan seni, dan aktifitas lainnya.
Azis menyatakan, walaupun Taman Krucuk dibangun menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jabar, namun dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat Kota Cirebon.
“Semenjak berdirinya Taman Krucuk seharusnya secara otomatis sudah bisa dimanfaatkan untuk kepentingan warga Kota Cirebon. Dihibahkan atau belum, Taman Krucuk dibuat untuk kepentingan masyarakat Kota Cirebon, sekarang tinggal bagaimana kita memanfaatkannya,” katanya, ditemui usai meresmikan Taman Krucuk, Jumat 12/6.
Ia melanjutkan, taman dengan luas sekitar 500 meter persegi ini, memiliki sejumlah sarana dan prasarana penunjang untuk aktifitas serta rekreasi warga Kota Cirebon.
“Disini bisa dipakai untuk aktifitas dan rekreasi warga karena ada tamannya, lapangan bola mini, tempat duduk yang bersih, dan panggung luar ruangan untuk pentas seni,” imbuhnya.
Azis mengakui, karena dibiarkan kosong terlalu lama maka banyak pandangan negatif mengenai tempat ini.
“Dengan dibukanya Taman Krucuk, saya berharap warga tidak lagi memandang miring taman ini,” ujarnya.
Sementara, salah seorang warga sekitar yang menyaksikan peresmian Taman Krucuk, Ardi (36 Tahun) mengatakan, sebelumnya taman ini kerap digunakan berkumpulnya anak-anak muda hingga larut malam, karena di beberapa sudut tempat tidak difasilitasi penerangan yang memadai.
“Banyak anak-anak muda sering kumpul-kumpul di tempat yang gelap, apalagi malam minggu dan hari libur,” ungkapnya.
Menurut Ardi, dengan diresmikannya Taman Krucuk sebagai Taman Kota maka tempat ini bisa dimanfaatkan sesuai dengan fungsinya.
“Sekarang saya bisa jalan-jalan, lari pagi, dan sekedar mencari angin di sini,” katanya.(Frans C. Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s