Pemkot Cirebon Bersih-bersih Sungai

Pemkot Cirebon bersama komunitas pecinta lingkungan tengah membersihkan Sungai Sukalila.
Pemkot Cirebon bersama komunitas pecinta lingkungan tengah membersihkan Sungai Sukalila.

(Suara Gratia)Cirebon – Pemerintah Kota Cirebon, Senin 15/6 bersama sedikitnya 200-an anggota komunitas pecinta lingkungan, melakukan aksi bersih-bersih sungai. Kegiatan ini dipusatkan di Sungai Sukalila. Sungai sepanjang 1,6 km ini kerap dijadikan tempat pembuangan sampah karena lokasinya yang berdekatan dengan pasar dan pemukiman warga.

Sekretaris Daerah Kota Cirebon, Asep Dedi mengatakan, Sungai Sukalila melintas di tiga Kecamatan yakni Kecamatan Kejaksan, Kecamatan Pekalipan, dan Kecamatan Lemahwungkuk. Walaupun sudah disediakan tempat pembuangan sampah sementara di bantaran sungai, warga kerap menjadikan sungai ini tempat pembuangan sampah.

“Sungai ini melintas di tengah Kota, warga yang tidak menyadari kebersihan membuang sampah sembarangan ke sungai ini,” ujarnya, ditemui di sela-sela aksi bebersih sungai, Senin 15/6.

Asep menerangkan, akibat tidak adanya kesadaran warga akan kebersihan Sungai Sukalila arinya menjadi kotor dan keruh, di kanan-kirinya ditumbuhi pohon dan rumput liar, sehingga menambah kesan semrawut Kota Cirebon.

“Sungai merupakan cerminan suatu daerah, kalau sungainya bersih berarti warganya pun bersih,” imbuhnya.

Ia melanjutkan, untuk menjaga kebersihan sungai dibutuhkan peranan semua pihak, baik dari masyarakat maupun pemerintah.

“Kami atas nama Pemerintah Kota Cirebon menyambut baik komunitas pecinta lingkungan, walaupun sedikit kegiatan ini sangat positif dan dapat memberikan edukasi kepada warga lainnya untuk bersama-sama menjaga lingkungan,” ungkapnya.

Sementara, Koordinator Aksi Bebersih Sungai, Wibisono mengatakan, aksi bersih-bersih sungai tidak hanya dilakukan satu kali, namun secara berkesinambungan. Selain itu, anggota pecinta lingkungan akan terus memantau kondisi sungai tersebut.

“Gerakan bebersih sungai akan dilakukan secara bertahap. Setelah dibersihkan kami akan tetap memantau kebersihannya, tidak dilepas begitu saja,” katanya.

Menurutnya, aksi ini merupakan kampanye agar masyarakat peduli akan kebersihan lingkungan sekitar.

“Kebersihan lingkungan tanggung jawab kita bersama. Melalui kegiatan ini, saya berharap masyarakat sadar akan pentingya kebersihan lingkungan,” ujarnya.(Frans C. Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s