Pemkot Cirebon Bentuk Forum Komunikasi Humas

Rapat pembentukan Forum Komunikasi Humas di Balai Kota Cirebon.
Rapat pembentukan Forum Komunikasi Humas di Balai Kota Cirebon.

(Suara Gratia)Cirebon – Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon membentuk Forum Kehumasan Kota Cirebon. Forum ini salah satunya bertujuan meminimalisir konflik akibat kesalahpahaman antara humas dan media massa yang masih kerap terjadi hingga kini.
Selain terdiri dari humas yang berasal dari unsur pemerintahan maupun swasta, forum ini juga menggandeng pekerja pers di Cirebon.

Setidaknya 70 orang terdaftar dalam forum ini, di antaranya humas BUMN, BUMD, perbankan, hotel, keraton, TNI, Polri, dan lainnya, termasuk media massa.
Sekretaris Daerah Kota Cirebon Asep Dedi mengungkapkan, humas memegang peranan strategis, baik secara internal maupun eksternal. Terlebih, saat ini ketika Kota Cirebon tengah menggeliat bersamaan dioperasikannya Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) mulai akhir pekan lalu.
“Humas punya peran menginformasikan dan menciptakan harmoni, baik internal maupun eksternal. Apalagi, Cirebon sekarang sedang berkembang pesat sehingga dibutuhkan humas yang juga mampu mempromosikan kota ini ke luar secara luas,” katajya, seusai pembentukan forum di Ruang Adipura Kencana, Balai Kota Cirebon, Selasa 16/6.
Peran humas yang apik dan sinergis, lanjutnya, pada gilirannya akan menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat kota dengan banyaknya orang yang datang ke Kota Cirebon. Kaitannya dengan media massa, humas dipandang sebagai filter yang akan menyumbat informasi kepada publik.
Forum ini pun kelak dijanjikannya akan dikemas dengan lebih baik.
Sementara itu, Kepala Bagian Humas dan Protokol Kota Cirebon Maruf Nuryasa sebagai coordinator forum tersebut tak menampik, hingga kini masih kerap terjadi kesalahpahaman antara humas dengan media massa.
Tak sedikit humas yang justru tak memahami tugas kehumasan hingga menyebabkan kesalahpahaman. Karenanya, forum tersebut dibentuk untuk meluruskan kesalahpahaman dan meminimalisir konflik.
“Ide awalnya ketika mendengar banyak teman-teman media massa curhat karena kerap menemui kendala saat mencari informasi,” ujarnya.
Ke depan, lanjutnya, akan dirumuskan program kegiatan untuk anggota forum tersebut. Selain meminimalisir kesalahpahaman, forum itu juga untuk mempererat silaturahmi antara humas maupun media massa.
Dalam forum itu sendiri, sejumlah masukan diterima Pemkot Cirebon, seperti gelaran Car Free Day (CFD) setiap Minggu yang diusulkan tematik. Masukan itu pun diapresiasi pihaknya, mengingat out put jangka panjang forum tersebut berupa kemajuan Kota Cirebon.(Frans C. Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s