Menjelang Ramadhan BI Cirebon Siapkan Uang Rp 1,8 triliun

Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, Aryo Setyoso.
Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, Aryo Setyoso.

(Suara Gratia)Cirebon – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, mengantisipasi kebutuhan masyarakat menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 1436 H dengan mempersiapkan pelayanan sistem pembayaran tunai dan  non tunai. Pasalnya, memasuki bulan Ramadhan dan Idul Fitri kebutuhan uang di masyarakat baik tunai maupun non tunai mengalami peningkatan, dipengaruhi oleh meningkatnya kegiatan transaksi di masysarakat.

Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, Aryo Setyoso mengatakan, dari sisi non tunai infrastruktur dan layanan sistem pembayaran juga telah disiapkan untuk mengantisipasi peningkatan transaksi pembayaran non tunai.
“Peningkatan transaksi pembayaran non tunai baik melalui Real Time Gross Settlement (RTGS) maupun sisten Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI), khususnya dengan diimplementasikannya SKNBI Generasi II 5 Juni 2015 lalu,” katanya, Kamis 25/6.
Aryo melanjutkan, BI Cirebon memproyeksikan kebutuhan uang (outflow) periode Ramadhan dan Idul Fitri 1436 H untuk wilayah III Cirebon (Kota/Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan) sebesar Rp 1,8 triliun, sementara realisasi outflow pada tahun 2014 lalu sebesar Rp 1,6 triliun.
“Proyeksi outflow tersebut diperkirakan akan didominasi oleh uang pecahan besar atau Rp 20.000 ke atas yang mencapai 87 persen. Sisanya sebesar 13 persen merupakan pecahan kecil atau Rp 10.000 ke bawah,” terangnya.
Menurutnya, persediaan uang ini dinilai sangat mencukupi dalam memenuhi proyeksi kebutuhan uang periode Ramadhan dan Idul Fitri 1436 H/2015, baik dari sisi jumlah total maupun jumlah per pecahan.
Masyarakat pun dapat menukarkan uangnya melalui Bank Umum yang ditunjuk (yang memasang papan pengumuman) dan seluruh Kantor Pusat BPR di Wilayah III Cirebon. Selain itu, layanan penukaran uang juga ditempuh dengan penyediaan kegiatan layanan kas keliling di tempat keramaian masyarakat.
“Dalam menghadapi lonjakan transaksi BI Cirebon secara optimal bekerja sama dengan perbankan untuk melayani kebutuhan masyarakat selama periode Ramadhan. Karena tahun ini BI tidak melayani penukaran uang,” tutupnya.(Frans C. Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s