Terminal Harjamukti Cirebon Siap Layani Pemudik

Terminal Harjamukti Cirebon.
Terminal Harjamukti Cirebon.

(Suara Gratia)Cirebon – Menjelang mudik tahun 2015, Terminal Harjamukti Cirebon mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang. Pemerintah Kota Cirebon menyiapkan sebanyak 215 armada bus yang siap dioperasikan. Selain itu, jika armada tersebut tidak mencukupi Pemkot Cirebon pun menyiagakan armada cadangan.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi (Dishubinkom) Kota Cirebon, Maman Kirman, ditemui saat pembentukan tim koordinasi penyelenggaraan angkutan lebaran terpadu, Senin 29/6.

“Sesuai dengan keputusan Wali Kota Cirebon tentang tim koordinasi penyelenggaraan angkutan lebaran terpadu, Pemkot Cirebon menyiapkan 215 armada untuk mudik yang akan berlangsung pekan depan, ditambah dengan 10 persen armada cadangan,” katanya, Senin 29/6.

Maman mengatakan, 215 armada tersebut dapat menampung sebanyak 9.650 penumpang dari titik pemberangkatan di Terminal Harjamukti. Namun, ia memperkirakan jumlah penumpang pada mudik tahun ini mengalami penurunan. Menurutnya, hal itu akan terjadi karena Tol Cikopo – Palimanan (Cipali) sudah beroperasi, sehingga menyebabkan volume kendaraan yang melintas di Kota Cirebon terjadi penurunan.

“Tahun 2014 lalu jumlah kendaraan yang melintas sebanyak 180.766 kendaraan. Kami memprediksi pada arus mudik tahun ini, kendaraan roda empat yang melintas di Kota Cirebon jumlahnya akan menurun hingga 80 persen,” terangnya.

Maman melanjutkan, penurunan jumlah kendaraan juga akan terjadi  mengingat Kementerian Perhubungan memberikan fasilitas angkutan mudik gratis bagi 6 ribu pengguna sepeda motor, yang akan diberangkatkan menggunakan Kereta Api.

“Jumlah pengendara sepeda motor yang melintas, diperkirakan jumlahnya akan menurun sampai 20 persen dari tahun 2014 sebanyak 105.415,” katanya.

Ia menjelaskan, angkutan berat pengangkut bahan bangunan, kereta tempelan, kereta gandengan, kendaraan pengangkut peti kemas, dilarang beroperasi pada H-5 lebaran. Kecuali, kendaraan pengangkut Bahan Bakar Minyak (BBM), ternak, bahan pokok, pupuk, susu murni, dan bahan antaran pos.

“Dishub sudah melakukan persiapan menjelang arus mudik dengan melakukan operasi angkutan lebaran terutama kendaraan berat, seperti mobil angkutan tronton,” tuturnya.

Untuk memenuhi fasilitas lalu lintas jalan, pihaknya menyiapkan rest area di kantor Dishubinkom Jl. Brigjend Dharsono (By Pass) dan di pengujian kendaraan bermotor di Jl. Kali Jaga.

“Selain fasilitas jalan kami juga menyiapkan posko kesehatan, pemersikasaan teknis laik jalan, penyediaan fasilitas ruang tunggu, fasilitas hot spot area, dan pelayanan informasi angkutan lebaran, serta informasi tarif dan pengawasannya,” katanya.(Frans C. Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s