Malaysia Dukung Pembangunan Wilayah Kabupaten Cirebon

Bupati Cirebon Sunjaya Purwadi Sastra (ketiga dari kanan) dalam kegiatan Silaturahmi Ramadhan bersama Duta Besar untuk Indonesia Dato' Seri Zahrain Mohamed Hashim (ketiga dari kanan).
Bupati Cirebon Sunjaya Purwadi Sastra (ketiga dari kanan) dalam kegiatan Silaturahmi Ramadhan bersama Duta Besar untuk Indonesia Dato’ Seri Zahrain Mohamed Hashim (ketiga dari kanan).

(Suara Gratia)Cirebon – Pemerintah Malaysia akan mendukung pembangunan infrastruktur di Kabupaten Cirebon. Pembangunan infrastruktur ini meliputi pembangunan pelabuhan, pembangunan pembangkit tenaga listrik, dan penambahan jalan.

Duta Besar Malaysia untuk Indonesia. Dato’ Seri Zahrain Mohamed Hashim menyatakan, silaturahmi antara Pemerintah Kabupaten Cirebon dan Malaysia harus terus dijalin. Meski sudah menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) di Kuala Lumpur belum lama ini, komunikasi tidak boleh terputus. Mengingat akan banyak kerjasama yang dilakukan antara Pemerintah Malaysia dengan Kabupaten Cirebon.

“Pemerintah Malaysia tertarik berinvestasi di Kabupaten Cirebon. Akan ada banyak hal yang bisa kita bangun di sini, diantaraya adalah pembangunan listrik, penambahan jalan, dan pelabuhan,” katanya, ditemui usai Silaturahmi Ramadhan dan Buka Bersama dengan Pemerintah Kabpaten Cirebon, Selasa 30/6.

Menurutnya, jalan tol Trans Jawa merupakan sarana pendukung pembangunan yang sangat bailk, karena dengan adanya jalan tol tersebut akan memudahkan mobilitas pengiriman barang dan orang dari satu tempat ke tempat lainnya, sehingga waktu dan biaya bisa lebih efektif.

“Jalan tol trans Jawa akan memberikan peluang lebih besar kepada investor Malaysia untuk membangun wilayah Cirebon,” imbuhnya.

Zahrain berharap, jalinan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Cirebon dengan Malaysia menjadikan Cirebon sebagai pusat perdagangan dan kawasan ekonomi yang berkembang.

“Saya harap Cirebon menjadi suatu kawasan atau pusat ekonomi yang maju di Jawa Barat,” katanya.

Sementara, Bupati Cirebon Sunjaya Purwadi Sastra mengatakan, dukungan Malaysia terhadap pembangunan di Cirebon tidak main-main, karena Duta Besar Malaysia datang langsung meninjau potensi-potensi yang ada di Cirebon.

“Malam hari ini kita saksikan bersama bahwa, keberadaan Duta Besar Malaysia di Cirebon menunjukkan keseriusan terhadap kerjasama dengan Kabupaten Cirebon,” ujarnya.

Sunjaya berharap, dengan kerjasama ini akan mewujudkan cita-cita bersama warga Kabupaten Cirebon yaitu menjadikan Cirebon kawasan metropolitan.

“Saya berharap, Cirebon menjadi daerah perkembangan industri dan pariwisata di Jawa Barat,” katanya.

Menurutnya, Jawa dan Bali membutuhkan pasokan listrik sebesar 35 ribu mega watt, sementara kini hanya dapat memasok 6 ribu mega watt dan akan bertambah lagi sebanyak 1.000 mega watt.

“Malaysia akan membangun suplai listrik di wilayah Cirebon untuk mendukung kelistrikan di Cirebon dan Jawa Barat,” terangnya.(Frans C. Mokalu)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s