Wali Kota Cirebon : “Halal Bihalal Harus Efektif”

Wali Kota Cirebon, Nasrudin Azis (tengah, kemeja batik putih) dalam Halal Bi Halal bersama jajaran PNS di Pemkot Cirebon.
Wali Kota Cirebon, Nasrudin Azis (tengah, kemeja batik putih) dalam Halal Bi Halal bersama jajaran PNS di Pemkot Cirebon.

(Suara Gratia)Cirebon – Setelah merayakan hari raya Idul Fitri dan menjalani ibadah puasa satu bulan penuh, jajaran Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon merayakannya dengan kegiatan Halal Bi Halal di halaman Balai Kota, Kamis 30/7. Setelah mendengarkan tausiyah, seluruh PNS membentuk barisan panjang dan saling bersalaman satu sama lain. Namun, diantara mereka sebelumnya sudah ada yang melakukan Halal Bi Halal terlebih dahulu sebanyak dua hingga tiga kali.

Menanggapi acara silaturahmi yang dilakukan lebih dari satu kali ini dan dengan orang-orang yang sama pula, menurut Wali Kota Cirebon Nasrudin Azis, hal ini tidak efisien.

“Jujur saja saya sendiri sudah melakukan acara Halal Bi Halal lebih dari tiga kali, jadi saya sudah ketemu dengan orang yang itu-itu saja, terutama di lingkungan Pemkot Cirebon,” katanya, Kamis 30/7.

Azis mengatakan, jangan sampai momen yang baik ini menjadi rutinitas tanpa kesan, sehingga mengaburkan makna silaturahmi. Azis sendiri tidak mempermasalahkan kegiatan Halal Bi Halal, namun menurutnya kegiatan ini harus dikoordinasikan dengan baik sehingga lebih efektif dan lebih bermakna.

“Halal Bi Halal harus diputuskan mau dilaksanakan sendiri-sendiri di OPD-nya masing-masing atau cukup satu kali di tingkat Kota. Lihat saja sekarang, PNS yang datang hanya setengahnya, karena mereka sudah melaksanakan Halal Bi Halal di OPD-nya sendiri-sendiri. Kita sudah mempersiapkan semuanya untuk kegiatan ini, termasuk konsumsi yang jumlahnya banyak, akhirnya makanan itu banyak tersisa. Ini kan mubazir,” ungkapnya. Sebelumnya, Azis sendiri sudah melakukan Open House pada H+1 Lebaran di Rumah Dinasnya, barsama warga dan dihadiri PNS Pemkot Cirebon, selain itu ia juga sempat menghadiri Halal Bi Halal di tingkat OPD lainnya.

Ia berharap, kedepan kegiatan Halal Bi Halal harus terorganisir tidak hanya menggugurkan kewajiban, tetapi syarat makna dan khusyuk.

“Selanjutnya kegiatan Halal Bi Halal harus terarah, supaya terasa lebih bermakna,” katanya.

Sementara, Halal Bi Halal ini sendiri dihadiri oleh segenap Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida), Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), dan PNS di lingkungan Pemkot Cirebon.(Frans C. Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s